Tak Hanya di PDIP, Taufiq Rujukan Politisi Lintas Parpol

Taufiq Kiemas dampingi Boediono resmikan Museum Rumah Pengasingan Bung Karno
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Taufiq Kiemas, 71 tahun, meninggal dunia dalam perawatan di Singapura, Sabtu 8 Juni 2013 pukul 18.05 WIB. Sepeninggal Taufiq Kiemas, ada beberapa hal yang dikenang politisi muda di partai manapun.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Thohari menilai, Taufiq tak hanya menjadi rujukan bagi politisi muda PDI Perjuangan, tetapi bagi politisi lintas partai. Sebagai tokoh besar Indonesia, imbuhnya, Taufiq sangat mengayomi semua golongan, kelompok, dan aliran.

"Pak Taufiq selalu menjadi rujukan para politisi Indonesia dari partai politik manapun. Apakah parpol berdasar agama atau parpol nasionalis-kebangsaan," kata Hajriyanto, Sabtu 8 Juni 2013.

Untuk itu, Hajriyanto mengatakan, Taufiq tidak hanya milik PDIP, tetapi juga milik bangsa dan negara. "Kepeduliannya kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, sangat luar biasa mengesankan. Untuk keempat pilar negara itu Pak Taufiq siap melakukan apa saja, berkorban apa saja," kata dia.

Selama ini Taufiq selalu mengerjakan tugas-tugasnya sebagai Ketua MPR, meskiĀ  dengan fisik yang tak prima lagi.

"Pak Taufiq Kiemas, selamat jalan. Kami akan meneruskan komitmen dan perjuangan beliau, sampai kapanpun juga. Kami sangat bersedih," kata politisi Partai Golkar ini.

Sementara itu, mantan politisi PDI Perjuangan yang kini menjadi hakim agung, Gayus Lumbuun mendatangi rumah duka di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. ""Saya terpukul. Terutama menjelang pemilu, nanti banyak membuat kebijakan. Sebagai bangsa, kita kehilangan dia," jelas Gayus.

Salah satu hal yang dia ingat adalah perjuangan Taufiq 'mempromosikan' empat pilar. Salah satunya, bahwa Pancasila patut dihidupkan.

Dia juga mengenang saat dirinya diusulkan jadi hakim agung. "Dia memberi wejangan khusus. Jadi saya tahu, dari parpol saya harus menyeberang. Apa yang dia sampaikan, jadi pegangan saya," kata dia.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025
Jayabaya

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia

Pada Kitab Musasar Jayabaya disebutkan bahwa, di bait 18 disebutkan sempat meramalkan para pemimpin cerdas yang dimiliki Indonesia. berikut isi salah satu bait penjelasan

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024