Ketua KPK: Bambang Widjojanto Tak Ikut Usut Century

Ketua KPK Abraham Samad
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad memastikan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto tidak ikut dalam pengusutan kasus Century. Demikian keterangan Abraham dalam rapat dengan Tim Pengawas kasus Century, Rabu 5 Juni 2013, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Abraham menyampaikan hal itu menjawab kritik dari Fahri Hamzah, anggota Timwas Century.  Dalam rapat itu, Abraham menjamin lembaga pimpinannya independen dan bekerja secara profesional dalam menangani kasus korupsi terkait Bank Century. "Yang jelas silakan masyarakat mengawasi kerja-kerja KPK," kata Abraham.

Bambang tidak diikutkan karena dinilai memiliki konflik kepentingan dengan penanganan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik pada 2008 lalu. Saat itu, Bambang menjadi pengacara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Meski demikian, dalam rapat Timwas-KPK hari ini, Bambang tampak hadir sebagai pimpinan KPK. Fahri Hamzah dari Fraksi PKS pun protes dan menolak kehadiran Bambang dalam rapat membahas perkembangan kasus Century tersebut.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Sejumlah anggota Timwas dari PKS bahkan melakukan aksi dari ruang rapat.

Perdebatan Bambang dalam kasus Century sebetulnya bukan hal baru. Tahun lalu, keterlibatan Bambang dalam pengusutan kasus Century ini pun sudah dikritisi. Namun saat itu, dari pengusutan kasus ini.

Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024