Agus Marto: Kenaikan BBM Harus, Tapi Tak Ideal Saat Ini

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo di KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, menilai bahwa langkah pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi harus ditempuh tapi tidak ideal dilakukan pada saat ini.
Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin 3 Juni 2013, Agus menjelaskan bahwa pada Juni ini laju inflasi diperkirakan mengalami tekanan yang cukup besar. Untuk itu, perlu ada koordinasi antara semua sektor demi meredam tekanan tersebut.
Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

"Kalau kita melakukan penyesuaian harga BBM di bulan Juni, itu sesuatu yang harus dilakukan tapi tidak ideal. Sebab, idealnya April, pada saat secara umum sedang panen dan ada deflasi," ujarnya.
Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Menurut Agus, tekanan inflasi pada bulan-bulan ke depan, selain karena dampak kenaikan BBM bersubsidi, juga diakibatkan adanya peningkatan konsumsi yang terjadi karena masuknya tahun ajaran baru dan menjelang hari raya Lebaran.

Dia menambahkan, inflasi tinggi akan terjadi pada bulan ini, ketika semua komponen pendorong tersebut bersamaan menekan inflasi. Meski demikian, tekanan terhadap inflasi tersebut diperkirakan hanya berlangsung tiga bulan.

"Jadi, karena dinamika pelaksanaan penyesuaian BBM-nya baru akan terwujud setelah APBN-P, ya kita harus pro aktif berkoordinasoi agar dampaknya tidak besar," tutur Agus.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya