POLITIK

Peluang Capres Alternatif di Pilpres 2014

Tugas mereka lebih berat, tapi bukan mustahil.
Jum'at, 31 Mei 2013
Oleh : Suryanta Bakti Susila
Peluang Capres Alternatif di Pilpres 2014
VIVAnews - Pengamat Politik Bahtiar Effendy menilai bukanlah hal mustahil bila tokoh calon presiden (capres) alternatif dapat memenangkan pemilihan presiden 2014. Sebab, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) maju sebagai capres pada 2004 popularitasnya bukan yang paling tinggi, namun berhasil memenangkan pertarungan.

“Tugas para capres alternatif ini lebih berat. Tapi, bukanlah mustahil, ketika maju mereka akan dapat memenangkan Pilpres nantinya, tergantung dari strategi dan langkah-langkah pemenangan nantinya,” kata Bahtiar Effendy di Jakarta, Kamis 30 Mei 2013.

Menurutnya, tantangan yang bakal dihadapi para capres alternatif nonpartai, seperti Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Mahfud MD, Irman Gusman tidaklah mudah. Mereka harus bekerja ekstra keras untuk memenangkan tiket pencalonan melalui partai politik.

Untungnya sejumlah partai seperti Demokrat telah menyatakan akan membuka konvensi capres. Nah, mereka bisa mencari celah di situ. "Gita juga sudah mulai disebut-sebut dalam beberapa bulan terakhir,” kata Bahtiar.

Capres alternatif harus bisa menawarkan gagasan dan ide-ide alternatif tentang Indonesia masa depan, pembangunan Indonesia jangka menengah, jangka panjang, pembangunan ekonomi, toleransi, pembangunan sosial, politik, dan lainnya. 

“Jadi, ide-ide para capres alternatif ini juga adalah ide-ide atau gagasan alternatif tentang Indonesia masa depan,” jelasnya.
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found