Survei SMRC: Mayoritas Nilai Era Reformasi Lebih Baik dari Orde Baru

Soeharto dan putra-putrinya
Sumber :
  • Soeharto dan putra-putrinya

VIVAnews - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei nasional mengenai 15 tahun Indonesia di era Reformasi. Survei ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak secara nasional dan berlangsung pada tanggal 1- 10 April 2013 lalu.

Direktur Riset SMRC Dr. Djayadi Hanan memperlihatkan adanya temuan fenomena menarik mengenai demokrasi dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Soeharto dianggap seorang diktator.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

"Hasil survei memperlihatkan, menyangkut pemerintahan Soeharto, 48,2 persen responden menyatakan dia adalah diktator. Hanya 28,9 persen yang menyebutnya demokratis. Sisanya, 22,9 persen mengaku tidak mengerti," katanya di sebuah hotel di Jakarta Pusat, Selasa 21 Mei 2013.

Itu berkebalikan dengan penilaian terhadap kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat ini. Sebanyak 64,1 persen responden menilai pemerintahan SBY sebagai pemerintahan yang demokratis dan hanya 24,5 persen saja yang menganggap SBY seorang diktator.

"Mayoritas responden dalam survei kami memang menginginkan pemerintahan yang demokratis yakni sebesar 75,9 persen. Dan hanya 11,1 persen yang menginginkan dipimpin dengan pola diktator," kata Djayadi.

Mengenai kondisi saat ini, sebanyak 57,7 persen responden menilai 15 tahun Reformasi membuat keadaan bangsa menjadi lebih baik. Yang tidak peduli soal ini sebanyak 13,1 persen, dan menyatakan tidak tahu 19,4 persen. "Sedangkan sebanyak 9,9 persen sisanya menyatakan tidak pada semua keadaan bisa digunakan pola demokrasi," katanya.

Data survei dihimpun menggunakan teknik wawancara dan tatap muka secara langsung. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dengan margin of error 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei ini dirilis bertepatan dengan lengsernya Soeharto 15 tahun lalu. Pemimpin Orde Baru ini mundur setelah terjadi kerusuhan berdarah Mei 1998. (kd)

VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024