PBB Seleksi 9 Calon Pengganti Susno Duadji

Susno Duadji Bergabung ke Partai Bulan Bintang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika
- Partai Bulan Bintang (PBB) akhirnya bersedia mengganti mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal (Purn) Susno Duadji sebagai bakal calon legislatif (bacaleg). PBB sudah menyiapkan nama-nama calon pengganti yang bersangkutan.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

"Sudah kami siapkan penggantinya. Ada sembilan calon," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, BM Wibowo, di Jakarta, Rabu 8 Mei 2013.
Menilik Bayang-bayang Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya


Wibowo menuturkan, partainya akan melakukan seleksi terhadap sembilan calon pengganti Susno tersebut. Sedangkan untuk keputusan finalnya nanti, PBB menunggu kedatangan Ketua Umum MS Kaban yang tengah menjalankan ibadah umrah di Arab Saudi.


"Mereka berasal dari berbagai kalangan, seperti TNI, Polri, internal partai hingga profesional. Untuk identitas lengkapnya, nanti saja ya," katanya.


Sebelumnya, KPU telah mengumumkan hasil verifikasi bacaleg kedua belas partai politik. Total jumlah bacaleg sebanyak 6.578 terdiri dari laki-laki 4.139, perempuan 2.439.


Namun, dari hasil verifikasi, hanya 1.327 yang memenuhi syarat dan sebanyak 4.701 tidak memenuhi syarat. Sementara yang tidak melampirkan berkas sebanyak 549 orang.


Susno sendiri dipastikan tidak bisa maju bacaleg dalam pemilu 2014 mendatang. KPU menegaskan, mantan Kapolda Jabar itu tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan. Pertama, putusan perkara hukum Susno sudah
in kracht
. Kedua, ancaman hukumannya masuk dalam satu sampai dengan maksimal lima tahun. Ketiga, yang bersangkutan sekarang sedang menjalankan pidana penjaranya.


"Model atau tipe Pak Susno ini baru boleh nanti kalau sudah selesai dan ada jeda lima tahun," ujar anggota KPU, Hadar Nafis Gumay.


Berikut adalah hasil verifikasi KPU untuk bacaleg dari PBB: Bacaleg yang diterima dalam berita acara 552, laki-laki 334, perempuan 208, berkas yang diterima 484, belum diterima 68, pengajuan untuk kelengkapan 100 persen keanggotaan DPR kurang delapan,  keterwailan perempuan 38 persen.

Memenuhi syarat 15, sementara tidak memenuhi syarat 469, dan tidak ada berkas sebanyak 68. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya