Andre Hehanusa Caleg Ganda, Hanura Jabar Mengaku Kecolongan

Andre Hehanusa
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

VIVAnews – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Jawa Barat kaget ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan nama salah satu bakal caleg mereka, Andre Hehanusa, sebagai caleg ganda. Andre tercatat mendaftar sebagai caleg di dua partai sekaligus, yaitu Hanura dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) pimpinan Sutiyoso.

“Kami akui kami kecolongan,” kata Ketua DPD Hanura Jawa Barat, Azhar Aung, Rabu 8 Mei 2013.

Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso

Sejak awal, DPD Hanura Jabar memang tidak merekomendasikan pencalegan Andre Hehanusa. Pencalonan musisi sebagai anggota legislatif tidak melalui DPD, melainkan langsung lewat Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura di Jakarta.

Andre di Hanura maupun PKPI sama-sama terdaftar sebagai bakal caleg dari daerah pemilihan Jawa Barat II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. “Maka kewenangan kejelasan status pencalegan Andre sepenuhnya ada di tangan DPP Hanura,” kata Azhar.

Di Hanura, Andre menjadi bakal caleg dengan nomor urut 6. Sementara di PKPI, ia menjadi bakal caleg dengan nomor urut 2. DPP Hanura sendiri telah mengancam akan mencoret Andre Hehanusa dari daftar caleg mereka. “Kalau ganda secara sadar, dia langsung dicoret,” kata Ketua DPP Hanura, Syaifun Nur.

Ganda secara sadar maksudnya Andre sengaja mendaftar menjadi caleg di dua parpol atas kesadaran dia sendiri. “Tapi kalau itu kesalahan yang tidak dia sadari, nanti kami lihat bagaimana penjelasannya (Andre),” ujar Syaifun.

Selain Andre, ada tiga lagi bakal caleg ganda dari Partai Hanura, yaitu Muhammad Kadafi (terdaftar juga di PKPI), Farid Al Fauzy (terdaftar juga di Partai Nasdem), dan Abdul Rahman Sappara (terdaftar juga di Partai Nasdem). “Kalau Hanura tahu sejak awal, pasti langsung kami coret,” kata Syaifun.

Gua Milana

Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks

Sejumlah pemain bintang Jakarta Pertama Enduro tampil dalam laga persahabatan melawan Red Sparks

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024