Demokrat Belum Coret Caleg Tersangka Korupsi

Politisi Partai Demokrat, Andi Nurpati memberi keterangan kepada wartawan beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnew - Partai Demokrat belum mencoret Thaib Armaiyn dalam daftar calon legelatif meski sudah jadi tersangka korupsi. Gubernur Maluku Utara itu ditetapkan sebagai tersangka penggunaan pos anggaran dana tak terduga senilai Rp 6,9 miliar pada APBD 2004.

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

"Kami belum memecatnya dan mencoret Thaib Armaiyn dari daftar calon DPR," kata Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Andi Nurpati di Jakarta, Sabtu 4 Mei 2013.

"Sampai saat ini belum ada bukti secara tertulis yang masuk ke badan penjaringan."

Kabar satus Gubernur Maluku Utara yang menjadi tersangka hanya akan dijadikan pertimbangan oleh Demokrat. "Kami harus mencari dasar untuk mencoretnya apa. Apakah saat seseorang sudah menjadi tersangka, dengan otomatis batal menjadi bakal calon. Tidak seperti itu mekanismenya," kata Andi.

Meski KPU menetapkan aturan seperti itu, Demokrat mempunyai pandangan lain. Status tersangka bagi kader yang saat ini menjadi bakal calon legislatif harus dilihat dari sisi lain.

"Berbicara Undang-undang, seseorang tak boleh menjadi calon bila sudah memiliki keputusan final dengan ancaman pidana 5 tahun. Tapi baru menjadi tersangka, dia masih memenuhi syarat sebagai bakal calon, karena belum final," katanya.

Andi memastikan para kader Demokrat yang saat ini berstatus tersangka bisa terus ikut proses pencalonan. "Setelah putus menjadi terdakwa dan difonis lima tahun. Baru ia dicoret dari daftar," katanya.

Meskipun Hayono Isman,dariĀ  Dewan Pembina DPP Demokrat pernah mengusulkan pemecatan Gubernur Maluku Utara Thaib Armaiyn."Selama belum menjadi terdakwa dan difonis lima tahun. Ia tetap kader yang berhak menjadi calon legislatif," ujarnya.

Pameran Manufaktur Indonesia.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Kinerja positif sektor manufaktur dinilai menjadi modal utama untuk menarik lebih banyak investasi asing dengan orientasi ekspor. 

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024