Pramono: 2014, DPR Bakal Didominasi Pengusaha

Wakil Ketua DPR Pramono Anung
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Pramono Anung, memprediksi anggota Dewan periode 2014-2019 akan didominasi oleh kalangan pengusaha. Menurutnya, dengan sistem pemilu proporsional terbuka seperti yang dianut sekarang hanya caleg bermodal besar bisa memenangkan Pemilu Legislatif.

"Dengan kapital yang besar, mereka punya peluang menang lebih besar meskipun dia tidak terkenal," kata Pramono di Gedung DPR, Kamis 2 April 2013.

Bahkan, kata mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini, pengusaha bisa mengalahkan caleg artis yang memiliki popularitas tinggi, dengan kemampuan finansial mereka. "Ketimbang artis yang over confident (terlalu percaya diri) dan hanya mau keluar sedikit modal, mereka tidak akan menang," ujar Pram.

Dalam disertasi doktornya, Pram mengulas bahwa modal adalah senjata paling ampuh untuk memenangkan pemilu di Indonesia. Selain bisa lebih mudah menjangkau masyarakat, para pengusaha juga memiliki akses yang jauh lebih bagus terhadap media massa.

"Secara umum, kondisi ini tidak seimbang dan tidak adil jika dibandingkan dengan anggota legislatif yang memiliki pembiayaan terbatas. Kampanye sekarang menjadi sangat mahal," kata Pramono. 

Rusia Bela Serangan Iran ke Israel: Mereka Berhak Membela Diri
Nathan Tjoe-A-On

Terpopuler: Kabar Baik dari Nathan Tjoe-A-On, Bayer Leverkusen Juara Bundesliga

Berita kabar baik dari Nathan Tjoe A On menjadi buruan pembaca VIVA Bola sepanjang Senin 15 April 2024. Ada juga berita sukses Bayer Leverkusen juara Bundesliga.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024