POLITIK

Diprotes Umumkan Nama Caleg, Ini Alasan KPU

KPU ingin publik mengetahui daftar bakal calon.

ddd
Jum'at, 26 April 2013, 14:11
Anggota KPU, Hadar Nafis Gumay
Anggota KPU, Hadar Nafis Gumay (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay menegaskan publikasi daftar bakal caleg 12 partai politik peserta pemilu 2014 mendatang dalam rangka membuka dan memberi informasi kepada pubik. Hadar mengatakan yang mereka publikasikan juga bukan Daftar Caleg Sementara (DCS).

"Jadi media juga tolong membantu. DCS itu nanti, setelah kami verifikasi kalau ada perubahan. Kami cek lagi dan kami tetapkan itu namanya DCS," kata Hadar saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat 26 April 2013.

Hadar menuturkan yang mereka publikasikan hanya daftar calon, atau daftar bakal calon yang didaftarkan oleh setiap partai politik. KPU ingin publik mengetahui.

"Sebentar lagi kami tambahkan. Kita ganti dengan tanda terima. Nanti itu akan kelihatan. Setiap calon, yang dimasukkan dokumennya itu sudah apa saja yang masuk kemarin," ujarnya.

Hadar menjelaskan bahwa keterbukaan adalah pilihan KPU untuk bekerja secara lebih terbuka. Dengan begitu, katanya, seluruh masyarakat akan tahu.

"Termasuk partai politik yang kelihatannya juga banyak calon tidak tahu," ujarnya.

Sebelumnya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memprotes KPU karena telah mempublikasikan nama-nama daftar calon anggota legislatif. Padahal, nama-nama itu dianggap belum final dan masih bisa direvisi.

"Saya pimpinan partai, ingin sekali mengkritisi langkah KPU yang tiba-tiba melansir DCS, padahal masih memberikan kesempatan parpol untuk melakukan perubahan," ujar Wakil Sekertaris Jenderal PPP, Arwani Thomafi.

Arwani menilai daftar nama-nama caleg sementara ini masih kewenangan partai. Itu sebabnya langkah KPU mempublikasi daftar itu menjadi kontraproduktif.

"Saya kira KPU bukan ingin menunjukkan transparansinya, tapi ada waktu untuk itu. KPU tergesa-gesa, saya tidak mengerti apa dasar KPU meluncurkan daftar itu," kata dia. (eh)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id