POLITIK

Artis Cantik Ramai-ramai Jadi Caleg Pemilu 2014

Hampir seluruh partai mengusung seleb untuk jadi calon legislatif.
Rabu, 24 April 2013
Oleh : Suryanta Bakti Susila
Bella Saphira
VIVAnews - Sejumlah selebriti cantik menjajal peruntungannya menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hampir semua partai politik peserta pemilu 2014 memasang artis dalam daftar calon anggota legislatif (caleg).

Deretan panjang artis seksi bakal bertarung dalam kontestasi lima tahunan ini. Ada yang sudah terpilih pada pemilu 2009 dan maju lagi, ada pula yang benar-benar baru mencoba pada pemilu 2014 ini.

Artis Nurul Arifin (Golkar), Rachel Maryam (Gerindra), Gita KDI (PKB), Rieke Dyah Pitaloka (PDIP), Venna Melinda, dan Inggrid Kansil (Demokrat) diantara deretan yang telah sukses menjadi legislator periode 2009-2014. Sejumlah nama itu, maju lagi dalam pemilu tahun depan.

Penelusuran VIVAnews, pendatang baru dalam daftar caleg 2014 tak kalah cantik dan seksi dibanding nama-nama di atas. Sebut saja model Arzeti Bilbina yang maju lewat Partai Kebangkitan Bangsa. 

Arzeti mengaku sudah sejak 9 tahun lalu berniat terjun ke politik. Dia mengaku berkeinginan lebih memberdayakan perempuan. Untuk maju ke putaran persaingan itu, Arzetti mengaku tak berbekal macam-macam. 

"Aku nggak punya budget, nggak punya uang banyak, aku cuma punya cinta dan niat yang tulus," ujar Arzetti.

Tia Afi, penyanyi yang melambung namanya lewat sebuah kontes di televisi, juga maju lewat PKB. Penyanyi bernama asli Theodora Meilani Setyawati maju melalui PKB Dapil Jawa Tengah V.

Aktris film "di timur matahari" Putri Nere juga maju sebagai caleg. Perempuan bernama asli Augusthine Ariella Nere ini juga pernah terpilih sebagai Miss Papua.

Artis yang juga maju caleg dari PKB adalah penyanyi Iyeth Bustami. Pelantun tembang "laksmana Raja di Laut" ini maju di daerah pemilihan Riau I.

Desy Ratnasai, artis senior, juga tampil dalam pemilu 2014. Dia maju di daerah pemilihan Jawa Barat IV melalui Partai Amanat Nasional.

Selain Desi, PAN mengusung artis perempuan lain seperti Marissa Haque, Melly Zamri, Devi Permatasari, Soraya Hapsari, dan meiliana Pancarini.

Pemain sinetron Bella Saphira diajukan oleh Partai Gerindra. Wajah Bella menyapa penikmat sinetron televisi setiap hari sekitar tahun 2000an lalu. Tak hanya sinetron, pada 2010 lalu Bella membintangi sebuah film berjudul Arisan Brondong.

Artis sempat diberitakan gencar oleh infotainment karena kontroversinya, Angel Lelga, maju dari Partai Persatuan Pembangunan. Dia maju di daerah pemilihan Jateng V.

Selain Angel, PPP juga mengajukan sejumlah artis cantik seperti Lyra Virna, Emilia Contesa, Okky Asokawati (DKI II (Jakarta Selatan-Jakarta Pusat), dan Ratih Sanggarwati (Jabar IX, Sumedang, Majalangka, dan Subang). (sj)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found