Cara Caleg PKS Berhemat Ongkos Pemilu

Massa PKS Gelar Aksi Solidaritas Untuk Palestina
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro
VIVAnews - Politisi Partai Keadilan Sejahtera, Indra, mengungkapkan bahwa dia dan sejumlah temannya bisa menekan biaya kampanye. Anggota Komisi III Bidang Hukum DPR ini, mengaku mengeluarkan biaya paling kecil dalam kampanye pada Pemilihan Umum 2009 lalu. "Di PKS rata-rata tidak sebesar caleg-caleg partai lain, banyak hal yang bisa dihemat," kata Indra ketika dihubungi, Selasa 23 April 2013.
Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Indra kemudian menceritakan keluhan dari teman-teman sesama anggota dewan dari partai lain. Rata-rata mereka menghabiskan Rp1-5 miliar untuk biaya kampanye. Salah satu penyebab dari biaya mahal itu, kata Indra, karena menyediakan saksi sendiri dalam pemungutan suara di TPS.
Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

"Jadi mereka khawatir, kalau suara mereka akan direbut oleh teman sesama partai. Bayangkan saja misalnya ada 2000 TPS, masing-masing saksi diberi uang. Jika Rp200 ribu tiiap saksi sudah Rp400 juta, belum sepanduk dan sebagainya," ujar dia.
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Tapi, kata Indra, caleg-caleg di PKS tidak menyediakan saksi sendiri. Tetapi, mempercayakan kepada saksi yang disediakan oleh partai. "Karena di partai kami tidak ada budaya rebutan suara antar teman sesama partai," ujar dia.

Caleg PKS, kata dia, hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 500 juta-Rp 700 juta untuk kampanye. Jumlah ini, kata dia, jauh lebih sedikit dibanding caleg dari partai lain.

Indra mengaku bahwa saat Pemilu 2009 lalu, uang yang dikeluarkannya  tak sampai Rp 500 juta. Sebab, dia lebih mengandalkan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain itu, lanjutnya, tidak perlu membayar para simpatisan yang datang ke acara kampanye.

"Mereka dengan kesadaran sendiri datang. Karena di PKS sistem pengkaderannya sangat kuat. Dengan sistem kaderisasi kuat, dan rasa kepemilikan tinggi, maka mereka datang membantu tanpa diberi uang. Paling hanya konsumsi saja, atau bantuan bus, tapi rata-rata datang sendiri," ujarnya.

Selain itu, dia  juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar seseorang untuk memasang atribut. Sebab, kader-kader dan simpatisan yang membantu. 

Hal yang paling penting untuk menekan biaya, kata dia, caleg-caleg PKS tidak hanya turun ke daerah pada saat kampanye saja. Tetapi, sudah sosialisasi jauh hari sebelum pemilu. "Kami banyak melakukan aktifitas, pengayoman, bakti sosial, jadi saat kampanye hanya reminding saja," ujar dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya