Pemilu, Kalimantan Utara Bagian dari Kalimantan Timur

kapal motor berderet di Pelabuhan SDF, Tarakan, Kalimantan Utara
Sumber :
  • Antara/ Fadlansyah
VIVAnews
Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
- Pelaksana tugas Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, mengatakan susunan anggota DPRD Kalimantan Utara akan diambil dari hasil Pemilu legislatif 2014. Untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden 2014, Kalimantan Utara akan masuk di dalam daerah pemilihan Kalimantan Timur.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

"Sementara ini masuk dalam Kalimantan Timur sesuai dengan Undang-Undang. Penyelenggaraannya ikut Pemilu di Kalimantan Timur," ujar Irianto usai dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Senin, 22 April 2013.
Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan


Provinsi yang beribukota di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, ini memiliki aset tidak tetap sekitar Rp1,2 triliun. "Total aset tidak tetap, termasuk Rumah Sakit Tarakan sekitar 1,2 triliun," ujar mantan Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur ini.


Dalam 1-3 bulan ini, Irianto akan fokus menyiapkan perangkat daerah agar pemerintahan bisa berjalan. Untuk itu, ia akan berkoordinasi dan komunikasi secara intensif dengan jajaran pemerintahan di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur selaku provinsi induk.


"Kita harapkan 1-3 bulan ke depan penyelenggaraan pemerintah di Kalimantan Utara bisa berjalan normal," kata dia.


Selain itu, Irianto juga akan fokus pada pelayanan publik, dan melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan. Beberapa dinas yang akan diprioritaskan yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Pertambangan, Dinas Pertanian, Sekretariat Daerah, dan Badan Perencanaan Daerah (Bappeda).


"Sementara untuk proyek tahun jamak perbatasan antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara akan dibiayai Provinsi Kalimantan Timur," kata dia. (sj)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya