Caleg Gerindra dari Petani, Atlet Hingga Tokoh

Irwansyah mendaftar jadi calon legislator Gerindra
Sumber :
  • Antara/ Pey Hardi Subiantoro
VIVAnews
Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
- Partai Gerindra dan tujuh partai lainnya akan mendaftarkan daftar calon sementara anggota legislatif untuk Pemilu 2014. Berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 6 Tahun 2013, penyerahan berkas DCS akan berakhir hari ini, Senin 22 April 2013.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Partai Gerindra akan menyerahkan daftar 560 orang caleg dari 3.000 orang yang mendaftar. Pemilihan 560 orang itu, menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, melalui Badan Seleksi Caleg Partai yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pembina, Prabowo Subianto.
Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen


"Hampir 3.000 orang mendaftar sebagai bacaleg. Badan seleksi mewawancarai semua bacaleg hingga akhirnya memutuskan 560 orang caleg dalam DCS," kata Fadli Zon dalam siaran persnya.


Sebagian besar caleg dari Gerindra, kata Fadli, berasal dari pengurus dan kader partai. Selain itu, Gerindra juga memberi kesempatan bagi para tokoh untuk mencalonkan diri.


"Ada tokoh politik, akademisi, tokoh agama,  pengusaha, tokoh petani dan nelayan, buruh,  artis,  atlet dan lain-lain. Tingkat keragaman latar belakang ini bagi Gerindra sangat penting, untuk meningkatkan semakin banyaknya aspirasi yang nanti bisa terjaring," ujar dia.


Gerindra, kata Fadli, juga mengalokasikan lebih dari 35 persen kuota perempuan. "Antusias publik sangat besar untuk mendaftar sebagai caleg

dari Gerindra. Ini efek proses perekrutan secara terbuka melalui iklan yang kita pasang di berbagai media," ujar dia.


Untuk itu, kata dia, dengan 560 caleg yang didaftarkan, Gerindra optimis meraih tiga besar kursi di DPR.


Selain Partai Gerindra, partai lain yang juga akan mendaftar hari ini adalah PPP, PKB, PDI Perjuangan, PBB, PKPI dan Nasdem. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya