Pimpinan MPR: Anggota Dewan Sekarang "Tidak 5D"

Taufiq Kiemas: Rapat Konsultasi MPR
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel
- Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Hajriyanto Y. Thohari mengeluhkan banyak anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang bolos saat sidang komisi dan paripurna. Keluhan ini disampaikan kepada anggota parlemen dari Australia yang berkunjung ke gedung MPR.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Atas perilaku anggota DPR ini, kata Hajriyanto, kepercayaan publik menurun terhadap DPR. Hal ini, kata dia, dapat dilihat dari berbagai survei yang ada. Bahkan, dia melanjutkan, ada masyarakat yang mengolok-olok parlemen di media sosial.
4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur


"Sampai ada yang mengatakan di masa Reformasi itu '5D (yakni) datang, duduk, dengar, diam, duit'. Tapi setelah Reformasi julukannya bukan 5D, tapi 'Tidak 5D' (yakni) tidak datang, tidak duduk, tidak dengar tapi terima duit'," ujar Hajriyanto, Senin 15 April 2013.


Untuk itu, Hajriyanto mengusulkan bagaimana parlemen Indonesia dan Australia bekerjasama mengatasi masalah ini. Sebab, kata dia, di Indonesia sudah dilakukan banyak upaya agar anggota DPR tidak bolos. Antara lain dengan penerapan fingerprint, tata tertib di DPR selalu diperbaiki, bahkan menggunakan ancaman akan diberhentikan. Tapi, upaya ini juga tidak berhasil.


Menanggapi hal ini, anggota parlemen dari Australia, Alex Galladh, mengaku perilaku anggota DPR di Indonesia dan Australia memiliki beberapa kesamaan. Anggota Parlemen di Australia, kata Alex, sering datang, duduk tetapi tidak mendengarkan aspirasi masyarakat.


"Jabatan anggota DPR hanya 3 tahun di Australia, kalau saya mengamati proses sidang di DPR Australia kadang-kadang di media televisi seluruh negara, kadang pertanyaan di sidang DPR tidak selalu dijawab," ujar dia.


Bahkan, kata Alex, jika ada persoalan politik yang sedang panas, kadang-kadang ditonton oleh masyarakat umum tetapi, masyarakat juga selalu tidak mendapat jawaban atas kondisi politik yang panas itu. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya