POLITIK

Pramono Anung Kecam Anggota DPR Pindah Partai

Seharusnya dia menyelesaikan masa jabatannya, kata Pramono Anung
Selasa, 9 April 2013
Oleh : Arfi Bambani Amri, Nila Chrisna Yulika
Wakil Ketua DPR Pramono Anung

VIVAnews - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Pramono Anung menyesalkan banyaknya anggota dewan yang ke luar hanya karena pindah partai. Menurut dia, hal ini tidak menunjukkan contoh demokrasi yang baik.

"Harusnya demokrasi ketika dia disumpah jabatannya, dia seharusnya menyelesaikan jabatannya. Tapi masalahnya banyak yang dimutasi dan lain-lain," kata Pramono di Gedung DPR, Selasa 9 April 2013.

Pernyataan ini, menyusul adanya beberapa anggota dewan yang mengundurkan diri sebelum masa tugasnya berakhir apalagi dengan alasan pindah partai.

Hal ini, kata Pramono, adalah suatu pembelajaran bahwa seseorang harus menyelesaikan tanggungjawabnya sampai selesai. Apalagi, Pramono menambahkan, mereka sudah disumpah jabatan.

"Ini jelek dari kehidupan demokrasi. Zaman dulu tidak ada pindah-pindah karena orang memilih partai berdasarkan ideologi, bukan berdasarkan kedudukan yang ditawarkan," ujar dia.

Di antara anggota DPR yang mundur karena pindah partai adalah anggota Komisi I dari PPP  Maiyasyak Johan. Ia dikabarkan pindah ke Nasdem. Begitu pula politisi Hanura di DPR, Akbar Faisal.

Sementara yang pekan lalu baru saja mengundurkan diri adalah anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrat, Sudewo, yang akan pindah ke Partai Gerindra. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found