Max Sopacua: Pesan SBY ke Marzuki Bersifat Pribadi

Hari Kedua Silatnas & HUT ke-11 Partai Demokrat di SICC
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengirimkan pesan berisi peringatan keras kepada Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat Marzuki Alie agar tidak bermanuver menjelang Kongres Luar Biasa Demokrat yang akan digelar di Bali, 30-31 Maret 2013.

SBY meminta Marzuki tidak bermanuver menjelang KLB. “Saya menerima informasi dari beberapa sumber bahwa Pak Marzuki Alie mengumpulkan para Ketua DPC Partai Demokrat di sebuah tempat di Jakarta. Saya tidak tahu apa yang menjadi agenda Pak Marzuki Alie di kala partai kita masih berada dalam cobaan seperti ini. Mengapa harus mengumpulkan lagi para Ketua DPC, sementara Pak Marzuki sudah bertemu saya langsung dan berjanji untuk menjaga situasi yang teduh berkaitan dengan KLB. Saya ingatkan, siapa yang mencederai kepentingan partai hanya untuk memenuhi kepentingan pribadinya, dia akan menghancurkan partai kita. Ini peringatan saya,” kata SBY dalam pesannya itu.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua membenarkan adanya pesan SBY kepada Marzuki itu. “Benar, ada pesan itu. Saya dapat tembusannya,” kata Max kepada VIVAnews, Rabu 27 Maret 2013. Namun Max menyatakan, sebaiknya hal itu tidak dibahas terlalu jauh karena bukan pesan untuk umum.

“Pesan itu sifatnya ke pribadi. Maka yang bisa mengomentari Pak Marzuki sendiri. Kalau saya pada posisi mendengar saja,” ujar Max.

Sementara itu, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Achmad Mubarok mengatakan tidak perlu ada manuver-manuver di internal partai menjaleng KLB. “Ini Kongres Luar Biasa, bukan kongres biasa. Pendekatannya adalah manajemen krisis, beda dengan Kongres Demokrat 2010 yang memang arena pertandingan,” kata Mubarok.

Berikut isi pesan SBY kepada Marzuki selengkapnya:

Dari: Ketua Dewan Pembina/Majelis Tinggi Pembina Partai Demokrat

Kepada: Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Saudara Marzuki Alie

Tembusan :
1. Para Anggota Majelis Tinggi Partai
2. Para Menteri dari Partai Demokrat
3. Para Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat

1. Saya menerima informasi dari beberapa sumber bahwa Pak Marzuki Alie mengumpulkan para Ketua DPC Partai Demokrat di sebuah tempat di Jakarta. Informasi lain juga saya terima tentang hal itu, yang tidak patut untuk saya ungkapkan di SMS ini. Saya khawatir kejadian Kongres Partai Demokrat 2010 terulang kembali, termasuk terjadinya kasus-kasus yang memalukan.

2. Saya tidak tahu apa yang menjadi agenda Pak Marzuki Alie di kala partai kita masih berada dalam cobaan seperti ini. Mengapa harus mengumpulkan lagi para Ketua DPC seperti itu, sementara Pak Marzuki sudah bertemu saya langsung dan berjanji untuk menjaga situasi yang teduh berkaitan dengan KLB tanggal 30 Maret 2013 mendatang.

3. Saya ingatkan, siapa yang menciderai kepentingan partai hanya untuk memenuhi kepentingan pribadinya, dia adalah yang akan menghancurkan partai kita. Ini peringatan saya.

4. Kalau demikian halnya, para Ketua DPD Partai Demokrat saya persilakan untuk bertanya kepada seluruh kader Partai Demokrat, apakah mau bersatu untuk kepentingan partai, atau memilih untuk mendukung kepentingan orang per seorang. Saatnya untuk memilih.

5. Kalau para Ketua DPD Partai Demokrat tidak bisa berkomunikasi dengan para Ketua DPC Partai Demokrat, demi untuk kepentingan Partai, temukan saya langsung dengan para Ketua DPC. Maunya apa? Masih mau bersatu untuk Partai Demokrat demi kepentingan Pemilu 2014 mendatang, atau memilih untuk memenuhi kepentingan orang per seorang. Saatnya pula untuk memilih. Maaf, sejak Partai Demokrat berdiri, baru pertama kali ini saya mengatakan seperti ini. Sudah cukup lama saya menahan diri. Sekarang tidak bisa lagi. Demi Partai Demokrat yang kita cintai, saya akan mengambil segala risiko.

6. Berkali-kali kita bersepakat dan benar-benar mengerti bahwa KLB ini sesungguhnya tidak perlu terjadi. Ini boleh dikata KLB “kecelakaan.” Mengapa masih ada yang bermanuver ke sana ke mari?

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

(umi)

Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024