Lapas Diserang, DPR Berencana Buat Pansus Investigasi

Pasca Penyerbuan di Lapas Cebongan, Polisi Bersiaga
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVAnews – Penyerangan kelompok misterius bersenjata ke Lembaga Pemasyarakatan Cebongan di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi sorotan banyak pihak, termasuk Dewan Perwakilan Rakyat. Sejumlah anggota DPR kini berencana untuk membentuk Panitia Khusus guna menginvestigasi kasus tersebut.

“Ini adalah kelalaian yang disengaja oleh Kepolisian karena menitipkan (empat tersangka pengeroyok anggota Kopassus) ke Lapas. Tersangka ini kan urusan polisi, dan polisi sudah tahu para tersangka itu terlibat kasus sensitif, tapi kenapa dititipkan?” kata anggota Komisi III Bidang Hukum DPR, Desmond J Mahesa, di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 25 Maret 2013.03.25

Polri sebelumnya mengatakan, keempat tahanan pengeroyok dan pembunuh Kopassus di Hugo’s Cafe Yogyakarta itu dititipkan ke Lapas Cebongan karena ruang tahanan Polda DIY sedang direnovasi. Tak hanya 4 tahanan pengeroyok Kopassus yang dipindahkan dari tahanan Polda DIY ke Lapas Cebongan, tapi juga 7 tahanan lain yang menjadi tersangka kasus berbeda.

Apapun, pemindahan tahanan ini tetap dinilai janggal oleh Desmond. Oleh karenanya politisi Gerindra itu bersikukuh perlu dibentuk Pansus gabungan antara Komisi III dan Komisi I Bidang Pertahanan DPR untuk menyelidiki kasus tersebut. Setelah terbentuk, Desmond berharap Pansus bisa segera memanggil Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo.

Lapas Cebongan, menurut Desmond, merupakan korban karena petugas di sana sudah melakukan pengamanan standar. Oleh sebab itu Desmond menganggap pihak Lapas tak bisa disalahkan.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

“Di negara manapun standar LP sama, kecuali ada tahanan-tahanan khusus terhadap orang-orang tertentu. Selama ini pun tidak ada pengamanan khusus seperti pada kasus teroris Abu Bakar Baasyir,” ujarnya.

Desmond mengatakan, yang jadi pertanyaan dia dan rekan-rekannya saat ini adalah “Penyerangan ke Lapas merupakan kesengajaan atau tidak.” Kesengajaan yang ia maksud, ujar Desmond, apakah penyerangan tersebut diam-diam sudah didesain secara rapi oleh kelompok tertentu atau tidak. (umi)

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024