Partai Pimpinan Yenny Wahid Ucapkan Selamat kepada PBB

sorot kampanye pbb 2009 - Kampanye PBB
Sumber :
  • VIVA/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) mengucapkan selamat untuk Partai Bulan Bintang (PBB) yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai partai peserta Pemilu 2014 oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Jakarta.

Partai yang dipimpin oleh Zanubah Arifah Chafsoh alias Yenny Wahid itu pun meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mengesahkan PBB sebagai partai peserta pemilu, menyusul 10 partai yang telah lebih dulu ditetapkan.

"PKBIB berharap KPU konsisten dan segera mengesahkan PBB sebagai peserta Pemilu 2014," kata Sekretaris Jenderal PKBIB, Imron Rosyadi Hamid, kepada VIVAnews, Jumat, 8 Maret 2013.

PKBIB juga meminta politikus partai di DPR dapat menghormati putusan pengadilan dengan tidak menyampaikan komentar-komentar atas kemenangan gugatan PBB.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

Demikian juga dengan KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu. "Mestinya mereka bersyukur dengan kemenangan PBB yang sudah melalui proses hukum yang benar," tuturnya.

PBB, menurut Imron, juga bagian dari warga negara yang memiliki hak konstitusional, sama dengan partai lain di Senayan. "Mereka jangan merasa negara ini hanya milik 10 parpol," ujarnya.

PKBIB merupakan satu dari 24 partai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam verifikasi faktual oleh KPU, yang kemudian mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu, lalu banding ke PTTUN. Gugatan PKBIB pada kedua lembaga yang diberi kewenangan oleh konstitusi untuk mengadili sengketa pemilu itu ditolak.

Kini, PKBIB sedang berupaya mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Upaya hukum tersebut ditempuh sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang Pemilu, yakni tujuh hari setelah putusan PTTUN.

"PKBIB masih akan terus berjuang di MA. Kelolosan PKBIB dalam verifikasi administrasi 16 parpol jelas menjadi modal kami untuk terus berjuang dalam proses hukum," ujar Imron. (art)

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024