Amir Syamsuddin: Majelis Tinggi Demokrat Bisa Sahkan DCS

Konferensi Pers Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara
- Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Amir Syamsuddin,  menyampaikan hasil pertemuan antara Majelis tinggi Partai Demokrat yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan ketua DPD se-Indonesia di Cikeas, Jawa Barat.

Ramalan Zodiak Rabu 11 April 2024: Virgo Tidak Merasakan Keromantisan, Sagitarius Bertemu Jodoh

Dalam pertemuan itu, sejumlah hal yang dibahas antara lain mengenai konsolidasi. Dalam hal ini artinya adalah langkah-langkah strategis apa dan yang relevan akan dilakukan Partai Demokrat dalam upaya penyelamatan partai.
Prakiraan BMKG: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang hingga Malam Hari

 

"Intinya pertemuan ini prioritas pertama pertemuan ini adalah konsolidasi. Saya lengkapi saja, konsolidasi dalam arti langkah-langkah strategis apa yang relevan akan kami lakukan di dalam upaya penyelamatan partai. Itu yang pertama," katanya.


Selain itu, dalam pertemuan itu juga dibuat langkah memperjuangkan kewenangan Majelis Tinggi agar sah menandatangani Daftar Calon Sementara (DCS) legislatif 2014.


"Aturan di kami jelas, Majelis Tinggi berwenang mengatur dan tidak mungkin keadaan seperti ini dibiarkan, menimbulkan keraguan dan kekosongan hukum," ujarnya di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu 2013.


Menurutnya, tantangan jangka pendek partai yaitu masalah DCS tersebut, untuk itu partai akan fokus terhadap masalah tersebut. Kewenangan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang dimaksud yaitu bisa menggantikan posisi Ketua Umum dalam mengesahkan DCS.


"Oleh karena itu ada wacana bahwa sudah diatur Majelis Tinggi memiliki kewenangan dalam penetapan calon anggota DPR," tambahnya.


Ia yakin KPU akan mempertimbangkan usulan ini dan tidak akan membiarkan kekosongan hukum terjadi dalam suatu partai politik.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya