Pro dan Kontra Pemanggilan Anas oleh Timwas Century

Anas Urbaningrum Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI
- Tim Pengawas skandal Bank Century (Timwas Century) berencana memanggil mantan Ketua Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Timwas Century akan mendalami informasi yang menyebut Anas Urbaningrum memiliki data atau informasi terkait skandal yang menghabiskan uang negara senilai Rp6,7 triliun itu.

Potong Kuku Mulai dari Jari Mana? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

"Intinya, rencana bertemu Anas itu diambil setelah mempertimbangkan informasi yang masuk. Informasi yang disampaikan oleh sejumlah tokoh yang telah mengunjungi Anas," kata anggota Timwas Century Hendrawan Supratikno kepada
Ini 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang
VIVAnews , Kamis malam, 23 Februari 2013.


Berdasar informasi itulah Timwas Century mengutus tim kecil untuk menemui Anas Urbaningrum. Tim kecil ini akan memverifikasi informasi yang diterima tersebut sebelum memutuskan apakah perlu memanggil Anas atau tidak. "Kemungkinan minggu depan tim kecil ini akan bertemu dengan Anas," tutur Hendrawan. "Hasil pertemuan akan dilaporkan ke pleno Timwas."


Timwas, kata Hendrawan, tidak akan memanggil Anas dengan hanya berbekal informasi yang disampaikan oleh pihak ke tiga. Timwas harus mendengarkan langsung dari Anas kebenaran informasi itu. "Kami harus langsung mendengar dari yang bersangkatuan. Kami tidak ingin ciptakan kegaduhan, kami tidak ingin dianggap cari sensasi," katanya.


Sementara itu, anggota Fraksi Demokrat Sutan Bhatoegana mengatakan, Timwas Century tak perlu repot-repot memanggil Anas untuk mencari data. Sebab, sebagai mantan anggota Pansus Century, Anas dianggap tidak memiliki data lain. Data yang dimiliki Anas, kata dia, sama dengan data yang ada di Pansus. "Pemanggilan itu relevansinya apa. Pak Anas dulu anggota Pansus, sama saja dengan memanggil anggota Pansus lain," kata Sutan.


"Kalau dia tahu data lain dari Century, pastinya dulu dia ngomong. jadi dipanggil untuk apa," Sutan menambahkan. Namun, kata dia, jika Anas memang punya data dan bersedia datang, Demokrat akan mempersilakannya.


Anas merupakan mantan anggota Panitia Khusus Bank Century DPR. Wacana pemanggilan Anas oleh Timwas Century ini menyeruak setelah Anas berhenti dari jabatan Ketua Umum Partai Demokrat. Sejumlah tokoh yang berkunjung mengatakan Anas akan membuka data-data terkait skandal bailout Bank Century.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya