Anas Tetap Ketua Umum, Dewan Pimpinan Cabang Demokrat Lega

Silatnas dan HUT Demokrat ke 11
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Mobil Listrik Ini seperti Replika Alphard Mini, Harga Murah Meriah
– Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat menyambut baik penegasan Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono bahwa Anas Urbaningrum tetap menjabat sebagai ketua Umum.

Menag Ingatkan Umat Islam soal Perjuangan Politik Pemilu 2024 Sudah Selesai

Pernyataan SBY itu sekaligus menepis isu bakal digelarnya Kongres Luar Biasa di Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat guna melengserkan Anas. “Posisi Ketua Umum kini justri dikuatkan lagi. Ini sangat bagus dan disambut antusias oleh para kader,” kata Ketua DPC Demokrat Cilacap, Tri Dianto, di sela-sela Rapimnas Demokrat di Hotel Sahid, Jakarta, Minggu 17 Februari 2013.
Terpopuler: Hasil Apik Timnas Indonesia U-23, Anthony Ginting Tembus Olimpiade 2024


Menurutnya, semua DPC Demokrat mendukung jabatan Ketua Umum tetap dipegang Anas. Tri pun meminta kepada seluruh elit dan kader Demokrat untuk tidak lagi mencoba meminta Anas turun dari posisinya. “Hal itu provokatif dan tidak sesuai dengan putusan Majelis Tinggi,” kata Tri.


Ia mengatakan, seluruh kader Demokrat harus ingat pesan SBY agar kader tidak saling serang di internal partai. “Kita adalah keluarga besar. Tidak boleh saling menyerang sesama keluarga,” ujarnya. Tri meminta agar kader Demokrat yang masih juga minta Anas turun, agar diberi sanksi oleh partai.


Akar Konflik


Sekretaris Departemen Pemberantasan Korupsi dan Mafia Hukum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Carrel Ticualu, mengungkapkan salah satu pesan SBY kepada kader Demokrat soal konflik di tubuh partai.


Menurut Carrel, SBY mengatakan konflik menyeruak karena ketidakmengertian kader Demokrat di bawah. “Tapi setelah diberi pengertian, mereka paham. Tidak ada perpecahan dan tidak ada pelengseran apapun. Kami konsolidasi untuk perkuat diri hadapi Pemilu 2014,” kata Carrel.


Kader yang ingin mengkritik Demokrat pun diimbau agar jangan berkoar-koar di luar. “Mengkritik itu di dalam, jangan dibawa ke luar. Lebih baik di dalam berdebat keras, tapi di luar kita santun,” ujar Carrel.


Dalam pidato kepada kader Demokrat, Ketua Umum Anas Urbaningrum meminta agar semua kader tetap bersatu. “Hanya dengan bersatu kita besar. Bersatu kita teguh. Kita sekarang harus bersama-sama menuju 2014,” kata Anas.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya