Pernyataan SBY dari Jeddah Soal Survei Demokrat

Presiden SBY bantah pimpin rapat Bank Century
Sumber :
  • Rumgapres/Abror Rizki

VIVAnews - Saat berada di Jeddah, Arab Saudi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyempatkan diri memberikan keterangan pers mengenai sejumlah perkembangan di Tanah Air. Salah satunya, SBY menanggapi hasil survei terbaru dari Saiful Mujani Research and Consulting yang menemukan elektabilitas Demokrat terpuruk.

Presiden SBY menerima banyak sekali berita dari Tanah Air usai dirilisnya survei oleh SMRC tentang kondisi partai politik saat ini. Jika pada pemilihan umum 2009 Demokrat memperoleh suara 21 persen, saat survei kemarin, angka tersebut turun drastis menjadi 8 persen. Hasil yang kurang lebih serupa diperlihatkan oleh survei-survei dari lembaga penelitian yang lain.

"Sejak 2004 hingga sekarang, ini adalah angka terendah untuk Partai Demokrat. Ini memberikan keprihatinan dan kecemasan yang mendalam bagi jajaran Partai Demokrat di seluruh Tanah Air," ujar Presiden SBY seperti dilansir laman resmi Presiden itu.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Saat ini, SBY melanjutkan, muncul sejumlah pertanyaan yang boleh juga disebut kegusaran sejumlah kader Partai Demokrat terkait proses hukum sejumlah kader Partai Demokrat di Komisi Pemberantasan Korupsi. Ada kesan sejumlah masalah ini tidak kunjung selesai. Namun, SBY menegaskan masih mempercayai KPK untuk menuntaskan segala permasalahan.

Susilo Bambang Yudhoyono percaya Komisi Pemberantasan Korupsi bertindak profesional dan akan menuntaskan kasus-kasus yang menerpa sejumlah politisi, termasuk dari Partai Demokrat. KPK juga tidak akan tebang pilih.

"Saya masih yakin KPK akan menjalankan tugasnya secara profesional, adil, dan tidak ada niat buruk apa pun. Saya juga yakin, pastilah KPK yang menjadi andalan kita dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi, juga tidak tebang pilih," kata Presiden SBY dalam keterangan pers di Hotel Hilton Jeddah, Arab Saudi, Senin 4 Februari 2013 sore waktu setempat.

Sebelumnya, sejumlah dewan pimpinan daerah dan elite Demokrat yang merupakan ketua Dewan Pembina Partai Demokrat menyelamatkan partai pemenang Pemilu 2009 itu. (art)

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024