DPD Nasdem Bali Ungkap Kesepakatan 'Rahasia' Kader

Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua DPD Partai Nasdem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa tidak terkejut atas keputusan Hary Tanoesoedibjo mundur dari Nasdem. Sejak awal Nasdem didirikan, sudah jelas bahwa Surya Paloh adalah inisiatornya.

Ngeri Peringatan Terbaru Iran kepada Israel, Mulai Sebut Nuklir

"Kami sudah prediksi Hary Tanoe tidak bisa bersama Nasdem dalam kurun waktu lama. Ada perbedaan cara pandang yang terjadi, terutama soal bagaimana posisi Nasdem ke depan dan bagaimana mengelolanya," kata Oka saat memberi keterangan resmi di Kantor Nasdem, Selasa 22 Januari 2013.

Sebagai inisiator, kata Oka, Surya Paloh memberikan mandat kepada kaum muda untuk menyiapkan struktur partai. "Penugasan itu temporer. Saat itu, kami juga menandatangani surat kesepakatan terkait hal itu. Surat itu diberi nama Form G," kata Oka dalam jumpa pers di Kantor Nasdem, Selasa 22 Januari 2013.

Artinya, kata dia, setiap saat jika DPP atau pendiri partai menghendaki jabatan dikembalikan, kader tak punya hak untuk mempertahankan.

Semua penugasan yang diberikan sifatnya temporer. "Di pusat desainnya seperti itu. Setting awalnya begitu. Begitu dapat nomor dan lolos maka setting-nya begitu. Kalau ada yang bilang tidak tahu, dia menyampaikan ketidakbenaran," ucap dia.

Menurut dia, hal itu sudah disepakati bersama-sama. "Jadi tidak benar jika dikatakan Surya Paloh mengambil alih partai," ujarnya.

Surya Paloh sendiri, sambung Oka, sudah memberikan tawaran jabatan ketua umum kepada banyak pihak, termasuk dirinya.  "Tapi saya tahu diri. Sesuai konsep awal saja, Surya Paloh. Tidak ada motivasi luar biasa dari Surya Paloh," ungkapnya.

Nasdem, kata dia lagi, berbeda dengan partai lain, termasuk Golkar. Partai lain terbentuk atas dasar kesepakatan berbagai elemen. "Harus kami akui, cita-cita yang kami usung sangat besar dan berat sebagai partai baru. Nasdem tidak bisa mengabaikan sekecil apapun peran Hary Tanoe," tambahnya.

Pada titik krusial seperti ini, Oka menyebut Nasdem harus berani mengambil keputusan tak populer. "Kalau tidak sesuai lagi dengan poros perubahan yang kita usung pilihannya ada dua, diberhentikan atau mundur secara terhormat," kata dia.

Soal pemutusan iklan oleh Hary Tanoe, Oka mengaku tak khawatir. "Ada atau tidak serangan udara, kami sudah menurunkan infanteri untuk gerilya di darat. Kami solid sampai ke seluruh jajaran," katanya. (umi)

KPU: Caleg Terpilih Harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024
Detik-detik Serangan Israel ke Iran (Doc: Fox News)

Ada Apa di Kota Isfahan Iran yang Baru Saja Diserang Israel?

Media-media Amerika Serikat, termasuk ABC News, melaporkan bahwa Israel telah melakukan serangan balasan setelah tiga ledakan terjadi di sekitar bandara kota Isfahan

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024