KPU: Partai Harus Cermati DPS, Jangan Ribut Setelah Pemilu

Ketua KPU Pusat Husni Kamil Malik
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap persoalan data pemilih tidak lagi menjadi objek sengketa hasil pemilu. Partai politik diminta tidak lagi menganggap bahwa daftar pemilih yang bermasalah merupakan penyebab kekalahan.

Ketua KPU, Husni Kamal Manik, menyatakan bahwa proses penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) melibatkan partisipasi peserta pemilu dan masyarakat. Diharapkan partisipasi partai untuk mencermati DPS itu.

"DPS itu akan kami serahkan kepada pengurus partai di tingkat kecamatan untuk dicermati dan diberi masukan. Tapi biasanya saat penyusunan DPS, partai tidak banyak bersuara. Justru ributnya pas selesai pemilu,” ujar Ketua KPU, Husni Kamil Manik, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Senin malam 21 Januari 2013.

Partai politik yang akan mendapatkan soft copy DPS hanya partai politik yang memiliki struktur kepengurusan di tingkat kecamatan. “Yang tidak punya pengurus otomatis tidak diberikan DPS. Kalau mau dapat DPS, parpol harus memiliki struktur pengurus di seluruh kecamatan di Indonesia,” kata Husni.

Husni menyakini bahwa data pemilih pada pemilu 2014 akan lebih akurat dibanding data pemilu sebelumnya. Hasil perekaman data KTP elektronik menujukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah pemilih dari 171 juta orang menjadi 173 juta orang. “Dengan program e-KTP, kami berharap akurasi datanya lebih terjamin,” kata Husni.

Terkait daerah pemilihan untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Husni mengatakan pihaknya sampai saat ini belum memutuskannya. Partai politik, kata Husni dapat mengajukan rancangan dapil ke KPU di daerahnya masing-masing.
“Masih ada kesempatan untuk memberikan masukan, silakan saja disampaikan,” kata Husni.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024