TUTUP
TUTUP
POLITIK

PAN Tetap Rekrut Artis Jadi Caleg

"Tidak zamannya lagi dikotomi antara artis dengan yang bukan artis"
PAN Tetap Rekrut Artis Jadi Caleg
Taufik Kurniawan (Antara/ KAS)

VIVAnews - Partai Amanat Nasional (PAN) masih mempertimbangkan kalangan artis atau selebritas dalam daftar calon anggota legislatif (caleg) untuk Pemilu tahun 2014. Menurut Sekretaris Jenderal PAN, Taufik Kurniawan, partainya tidak membeda-bedakan orang berdasarkan profesi.

Sebagai partai yang terbuka, PAN mengakomodasi semua kalangan, termasuk kalangan artis/ selebritis untuk menjadi anggota DPR. Sepanjang memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditetapkan, kalangan artis pun dipersilakan.

"Jadi, sudah tidak zamannya lagi dikotomi antara artis dengan yang bukan artis," kata Taufik, dalam sebuah diskusi yang digelar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat, 18 Januari 2013.

Dalam penyusunan caleg, PAN menetapkan pola rekrutmen melalui dua jalur, yakni jalur kader dan jalur nonkader alias tokoh di luar PAN. Jalur kader diisi kader-kader yang telah sejak awal merintis karier politik di partai pimpinan Hatta Rajasa itu. Jalur lain ialah rekrutmen berdasarkan ketokohan seseorang di luar PAN.

Jalur yang disebut terakhir itulah yang, menurut Taufik, di antaranya diisi kalangan artis, meski ada juga yang diisi kalangan profesional di bidangnya.

Namun, dari kalangan artis, tokoh di luar PAN atau pun kader, nantinya akan melewati seleksi dan tahapan yang ketat. Seleksi di antaranya harus memenuhi syarat integritas, moralitas, intelektualitas, sesuai dengan ideologi, platform, visi-misi dan program partai. Semua unsur itu dimasukkan ke dalam tahap-tahap, yakni tahap penyusunan bakal caleg, tahap penetapan caleg, tahap masuk dalam daftar caleg sementara (DCS), hingga dalam daftar caleg tetap (DCT).

"Jadi, belum tentu semua bakal caleg atau mereka yang mendaftar sebagai caleg, lolos jadi caleg. Semuanya melewati seleksi yang ketat," ujar Taufik.

Selain itu, imbuh Taufik, PAN juga menggunakan sistem pendaftaran caleg secara online. Nantinya semua daftar caleg diumumkan secara terbuka di web, sehingga bisa diakses semua orang. Di situ juga ada informasi sedetil-detilnya tentang profil para caleg, dan masyarakat dapat melaporkan pengaduan apabila ada caleg yang dinilai tidak memenuhi syarat.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP