Miing Ragukan Kemampuan Roy Suryo sebagai Menpora

Politikus Demokrat Roy Suryo
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Anggota Komisi X Bidang Olahraga, Dedy Gumelar, meragukan kemampuan Roy Suryo yang baru saja ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Menurut Miing -begitu biasa Dedy disapa- Roy tidak pernah memiliki rekam jejak dalam bidang keolahragaan.

"Saya tidak mengukur mampu atau tidak mampu. Apa yang teringat ketika menyebut Roy Suryo, saya tidak melihat rekam jejak beliau. Tetapi secara fakta kita tidak pernah mendengar Roy dekat dengan dunia olahraga," kata Miing, di Jakarta, Jumat 11 Januari 2013.

Selain itu, Miing menambahkan, Roy juga tidak pernah menjadi aktivis kepemudaan. Menurut dia, Roy Suryo berbeda dengan dua Menpora sebelumnya, Adyaksa Dault dan Andi Mallarangeng, yang memiliki rekam jejak dalam bidang kepemudaan.

"Saya tidak melihat pada Roy," kata Politisi PDI Perjuangan itu. Padahal, pengalaman ini sangat penting dalam menjalankan tugasnya sebagai Menpora.

Roy, kata dia, punya beban yang berat dalam menjalankan tugasnya sebagai Menpora. Terutama beban kasus Hambalang. Selain itu, Roy juga harus menyelesaikan soal PSSI dan KNPI. "Roy juga harus menyelesaikan program yang sudah terencana dalam hal yang sudah dianggarkan. Sementara dia punya waktu 1,5 tahun," ujarnya.

Meski begitu, Miing berharap, Roy bisa mengubah persepsi masyarakat yang cenderung pesimis ketika dia harus menjalankan tugasnya sebagai Menpora. "Mudah-mudahan dia bisa menjalankan itu, harus bisa mengubah persepsi itu," kata dia.

Berbeda dengan Miing, Ketua Komisi X dari fraksi Partai Demokrat, Agus Hermanto, mengatakan ditunjuknya Roy Suryo sebagai Menpora adalah keputusan terbaik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Ini pilihan terbaik. Presiden pasti sudah mempertimbangkan dengan baik," kata dia.

Sementara itu, saat mendatangi kantor presiden siang ini, Roy Suryo mengaku tugas yang diembannya tidak mudah. Dia juga mengaku sadar masyarakat tidak begitu yakin dirinya mampu mengemban tugas ini. "Ini bukan jabatan mudah, saya tahu masyarakat very, very low expectation sama saya," kata Roy.

"Justru karena harapan yang sangat rendah dan tipis, lalu saya tidak berlatar belakang olahragawan, saya bukan tokoh pemuda menonjol meskipun ketua korps mahasiswa, tapi itu bukan prestasi yang menonjol."

Roy juga mengaku telah menyampaikan kepada Presiden SBY bahwa tugas yang diberikan ini sangat berat baginya. "Saya sampaikan kepada beliau, ini tugas berat, ini bukan kompetensi sebenarnya," kata dia. "Izinkanlah saya ajak rekan-rekan masyarakat untuk benahi semua ini." (eh)

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya
Pelita Air datangkan Airbus 320.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Corporate Secretary Pelita Air, Agdya Yogandari mengatakan, Pelita Air berhasil mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan saat arus balik Lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024