Dituduh Memeras BUMN, Hatta Beberkan Bukti Foto

Muhammad Hatta (PAN)
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq

VIVAnews - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Amanat Nasional, Muhammad Hatta, membeberkan sejumlah bukti terkait tuduhan hadir dalam rapat dengan direksi Merpati pada tanggal 1 Oktober 2012 lalu. Saat rapat itu,  ia sedang mengikuti acara sosialisasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Klaten, Jawa Tengah.

Berdasarkan bukti foto yang ditunjukkan oleh Hatta bahwa pada tanggal tersebut dirinya tengah menghadiri acara sosialisasi OJK di Hotel Tjokro, Klaten. Sosialisasi tersebut diikuti oleh akademisi dan pejabat perbankan di wilayah tersebut.

Bukti foto yang dibeberkan oleh Hatta berjumlah sekitar 42 frame, yang dilengkapi dengan data tanggal dan jam foto tersebut diambil. "Foto-foto ini adalah dokumen pribadi milik saya. Jadi tuduhan itu jelas fitnah," kata dia kepada wartawan di Solo, Senin, 26 November 2012.

Selain rekaman foto miliknya, Hatta juga akan meminta rekaman kegiatan sosialisasi yang dimiliki oleh Dewan Komisioner OJK. "Kami akan meminta rekaman-rekaman itu supaya bisa menjadi bukti otentik tentang kegiatan saya pada tanggal tersebut," ujarnya.

Dengan bukti foto kegiatan tersebut, lanjut dia, akan membuktikan bahwa dirinya saat itu tidak terlibat dan hadir dalam pertemuan rapat antara Komisi XI dengan jajaran direksi Merpati. "Coba Menteri BUMN mengkroscek ke Hotel Tjokro betul tidak pada tanggal itu ada kegiatan sosialisasi OJK," kata dia.

Atas tuduhan ikut menghadiri rapat dengan direksi Merpati, disebutkan dia, sejumlah peserta yang sempat mengikuti kegiatan sosialisasi OJK pun hanya tertawa mendengar berita tuduhan itu. "Mereka pada klarifikasi semua. Lho waktu itu kan bersama kita. Kok bisa berada di dua tempat secara bersamaan. Kan nggak mungkin," kata dia menirukan ucapan peserta yang sempat mengikuti sosialisasi OJK.

Hatta disebut menjadi salah satu anggota DPR RI yang ikut memeras salah satu perusahaan BUMN berdasarkan laporan dari Menteri BUMN Dahlan Iskan kepada Badan Kehormatan DPR RI. "BK sendiri belum mengklarifikasi kepada saya. BK juga belum melayangkan surat kepada saya. Kapan pun saya siap," katanya. (umi)

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024