Ikhsan-Demokrat: Pembubaran BP Migas Terkait 2014

Ikhsan Mojo
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Berbagai macam masalah yang terungkap saat ini seperti pembubaran BP Migas dan pernyataan kontroversial Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait dengan 2014.

"Ini bukan suatu halĀ  yang muncul tiba-tiba. Yang bermain ya semua yang berperan dalam ketiga kasus tersebut," ujar politikus Demokrat, Ikhsan Mojo, di Jakarta, Sabtu 17 November 2012.

Ikhsan mengatakan, pembubaran BP Migas misalnya, orang yang berperan dalam pembentukannya merupakan orang yang sama berkontribusi dalam penghapusannya. "Yang dulu dia sepakati, sekarang kenapa ramai-ramai lagi. Motivasinya apa," kata Ikhsan.

Kemudian masalah kongkalingkong DPR dengan pemerintah yang diungkap Dahlan Iskan, itu imbas dari dipersoalkannya inefisiensi PLN yang terungkap dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dahlan dituding oleh DPR melakukan pemborosan dalam operasinal PLN pada periode 2009-2010 sewaktu dirinya masih menjabat sebagai Direktur Utama PLN.

"Tapi saya tanya 2009-2010 itu anggota DPR yang mengawasi siapa, ya dia dia juga. Kenapa dipersoalkan? Jangan-jangan kalau ditelusuri mereka terlibat," kata pria yang menjabat Ketua DPP Demokrat tersebut.

Untuk itu Ikhsan mengimbau masyarakat untuk jeli dalam menyikapi segala polemik sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan sesuai yang diharapkan dan memberi manfaat bagi rakyat. "Janganlah kita pakai kacamata hitam putih karena yang meributkan itu, mereka juga yang terlibat. Mereka mau pesta tapi tidak mau cuci piring," katanya.

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Yuna Farhan mengungkapkan, permasalahan-permasalahan tersebut terjadai karena memang para elite politik yang terlibat ingin memanfaatkan momentum yang ada untuk menyelewengkan anggaran. Hal tersebut sebagai modal awal untuk melaju pada pemilu 2014. "Biaya politik yang besar didukung terbukanya ruang politik anggaran membuat penyelewengan ini terjadi," katanya.

Sementara itu pengamat geopolitik Dirgo D Purbo menganggap, masalah yang terjadi saat ini hanyalah tahap awal dari akumulasi masalah keruwetan politik yang akan terjadi sampai 2014. Untuk itu masyarakat diminta bijak dalam menanggapinya. (umi)

Heboh Kondom Berserakan di RTH Tubagus Angke, Polisi Gencarkan Patroli
Ria Ricis

Lantaran Tak Dapat Nafkah Batin, Ria Ricis Kepikiran Implan Payudara Demi Teuku Ryan?

Hingga sidang putusan cerai kamis lalu, belum diketahui secara pasti alasan yang melatar belakangi Ria Ricis menggugat cerai suaminya.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024