PKB Ngebet Duduki Kursi Gubernur Jatim

konsolidasi PKB
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar berharap kader Nahdlatul Ulama (NU) bisa menjadi Gubernur Jawa Timur periode 2014-2019. Melongok pada sejarah, kader NU sampai kini belum pernah ada yang menjabat orang nomor satu di wilayah Jatim. 

"Untuk kali ini, saya ingin tahun 2013 mendatang, Gubernur Jatim berasal dari kader NU. Sudah lama kader NU tidak menjadi gubernur," kata Muhaimin usai memberikan pengarahan pada Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) DPW PKB Jatim di Hotel Utami, Juanda, Surabaya, Sabtu 3 Nopember 2012.

Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar, mengatakan NU memiliki banyak kader berkualitas dan layak menjadi Gubernur Jatim. Bahkan kader NU dianggap sanggup bersaing dengan Soekarwo yang dipastikan ikut maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang.

Disinggung siapa kader NU yang layak dicalonkan pada Pilgub mendatang, Muhaimin menyebut kader NU yang mempunyai sejarah panjang seperti Ketua PBNU Saifullah Yusuf yang kini menjadi Wakil Gubernur Jatim. Calon lain yang dianggap mampu adalah Ketum PP Muslimat NU, Khofifah Indarparawangsa.

"Gus Ipul atau Khofifah. Mereka ini kader NU yang mumpuni dan bisa memimpin Jatim. Keinginan saya tidak macam-macam. Cuma satu, saya ingin Gubernur Jatim nanti dari kader NU," tegas Menakertrans ini.

Untuk memuluskan mimpinya itu, PKB akan berusaha maksimal. Diantaranya meminta seluruh DPC PKB se-Jatim berjuang habis-habisan untuk mendukungnya.

"Saya juga sudah melakukan pendekatan ke sejumlah kiai sepuh, ulama dan PWNU Jatim untuk mendukung agar kader NU bisa menang di Pilgub Jatim," tegas Cak Imin.

Cak Imin tak menampik jika partainya akan menjalin koalisi dengan sejumlah parpol lain di Jatim yang siap diajak mengusung kader NU. PKB berharap nama-nama calon sudah mengerucut sebelum akhir November. 

Menanggapi keinginan PKB, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPP PKB, Saifullah Makshum mengatakan, tekad PKB mengusung kader NU menjadi Cagub sudah bulat. Alasannya, Jatim adalah basis NU, tetapi belum pernah ada kader NU yang menjadi gubernur.

"Pilgub Jatim adalah jenjang bagi PKB untuk sukses menatap Pileg dan Pilpres 2014," katanya.

Dikatakan, tidak menutup kemungkinan PKB akan menggandeng PDI-Perjuangan sebagai perwujudan kekuatan nasionalis. (adi)

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman

TKN Prabowo-Gibran Yakin MK Tolak Permohonan Anies dan Ganjar

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman meyakini Mahkamah Konstitusi (MK) bakal menolak permohonan perkara perselisihan hasil pemilu (PHPU)

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024