Andi Mallarangeng Disorot Audit BPK, Apa Kata Demokrat

Andi Mallarangeng
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka

VIVAnews – Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman, memuji sikap Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng yang menyatakan bersedia bertanggung jawab secara moral atas kasus korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional Hambalang (P3SON) yang melilit kementeriannya.

“Saya salut dengan Pak Andi,” kata Hayono di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 1 November 2012. Ia pun mendukung pernyataan Andi untuk siap bekerja sama dengan aparat penegak hukum, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menindaklanjuti hasil audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas proyek Hambalang itu.

Hayono menegaskan Partai Demokrat menghormati sepenuhnya proses hukum yang berjalan dan mendoakan yang terbaik bagi Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat itu. “Kami berharap Pak Andi bisa menjalani dan mengatasi hal ini dengan baik,” ujar anggota DPR itu.

Meski demikian, Hayono mengakui kasus Hambalang ikut menjadi beban tambahan bagi partainya. “Sudah pasti jadi beban terkait persepsi publik. Maka, harus dijelaskan ke publik bahwa hal ini masih berupa indikasi yang perlu ditindaklanjuti KPK,” kata Hayono.

Hayono menegaskan, audit investigasi BPK atas kasus Hambalang harus diperiksa silang dengan hasil pemeriksaan KPK.

Bantahan Menpora

Audit investigasi BPK soal proyek Hambalang yang disampaikan ke DPR kemarin Rabu, 31 Oktober 2012, menyatakan “AAM selaku tidak melaksanakan tugas dan wewenangnya dalam penetapan pemenang lelang atas pengadaan barang/jasa di atas Rp50 miliar sesuai dengan Keppres 80/2003 Pasal 26, dan membiarkan Sesmenpora melampaui wewenang Menpora dalam penetapan pemenang lelang atas pengadaan barang/jasa diatas Rp50 miliar.”

BPK juga menyatakan “AAM tidak melakukan pengendalian internal berdasarkan ketentuan perundangan atas pelaksanaan kegiatan di instansi yang dipimpinnya, sehingga ini berdampak pada tidak dipatuhinya ketentuan perundangan dalam hal otorisasi dan dokumentasi kejadian penting, khususnya dalam pelaksanaan pembangunan P3SON Hambalang.”

Terhadap penilaian BPK ini, Menteri Andi Alfian Mallarangeng kemarin secara terpisah . “Tentu saya tidak melakukan pembiaran. Sebagai menteri saya menjalankan tugas sebaik-baiknya, termasuk dalam hal pengawasan. Jadi, diusut saja oleh KPK supaya jelas duduk perkaranya. Saya siap bekerja sama dengan KPK,” kata Andi Mallarangeng. (umi)

Bakal Jadi Calon Wali Kota Kediri, Begini Reaksi Kelabakan Vinanda Prameswati saat Ditanya Program
Sean dan Irish Bella

Adik Irish Bella Respons Begini Saat Kakaknya Dijodoh-jodohkan dengan Abidzar

Saat ditemui beberapa waktu yang lalu, Umi Pipik juga sudah angkat bicara perihal anaknya yang dijodoh-jodohkan dengan Irish Bella.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024