Ketua DPP PKB Hanif Dhakiri

“Gerak Politik PKB di 2014 Tak Akan Melambat”

PKB Daftar Peserta Pemilu
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Partai Kebangkitan Bangsa berpendapat, tak semua survei soal elektabilitas partai politik obyektif. Oleh karena itu, PKB tak sepenuhnya percaya dengan hasil survei. Meski demikian, partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu tetap melihat hasil survei sebagai masukan.

“Kesimpulan survei tidak cukup memadai untuk menggambarkan konfigurasi politik 2014. Dulu PKB juga disurvei dan hasilnya di bawah dua persen sehingga dikatakan tak akan lolos Pemilu 2009. Faktanya ternyata sebaliknya, PKB lolos ke parlemen,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB, Hanif Dhakiri, kepada VIVAnews, Rabu 17 Oktober 2012.

PKB saat ini mengalami perkembangan sangat positif setelah melalui periode transisi politik menuju kepemimpinan berbasis sistem. “Captive voters PKB terjaga baik. Isu-isu dan pendekatan politik modern dilakukan di berbagai tempat, dan administrasi politik ditata sesuai cita rasa organisasi modern,” kata Sekretaris Fraksi PKB di DPR itu.

Dengan demikian kinerja partai, termasuk anggota legislatif asal PKB, terdorong untuk makin relevan dengan kehendak rakyat. Kerja-kerja politik PKB pun mengandalkan sistem demokrasi internal partai layaknya parpol modern. “Praktis tak ada hal signifikan yang akan membuat gerak PKB di 2014 menjadi lambat,” ujar dia.

PKB bahkan menargetkan masuk empat besar pemenang Pemilu 2014 dengan perolehan kursi sekitar 100 di DPR. Optimisme PKB ini tentu berbanding terbalik dengan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia yang menyebutkan, tak ada partai politik Islam yang mendapat suara lebih dari lima persen apabila pemilihan umum digelar hari ini.

Senada dengan LSI Lingkaran, Lembaga Survei Nasional juga menyebutkan partai-partai Islam bakal makin terpuruk pada Pemilu 2014 karena tingkat dukungan publik terhadap partai berbasis Islam cenderung menurun. Namun semua hasil survei itu tak membuat PKB berkecil hati.

“Kami anggap saja itu vitamin agar PKB tetap bugar, sehat, dan pada gilirannya dapat memenangkan Pemilu 2014,” kata Hanif. Apalagi, PKB tak merasa sebagai bagian dari parpol Islam yang dibicarakan dalam survei-survei itu.

“PKB jelas bukan partai Islam. PKB adalah partai nasionalis tulen. PKB tidak mencita-citakan negara Islam, bahkan menentangnya,” ujar Hanif. Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar pun menyatakan PKB bukan partai Islam. “PKB itu partai nasionalis religius,” kata dia. (umi)

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024