Demokrat: KPK Bisa Selamatkan Kami

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua, mengatakan hasil survei akan selalu menempatkan partainya pada posisi terpuruk. Sebab, persepsi masyarakat masih diwarnai terjeratnya sejumlah elit Demokrat dalam skandal korupsi.

"Sekarang masyarakat telah terkontaminasi pola pikir seperti itu. Sebelum kasus itu selesai, hasilnya akan seperti itu (Demokrat buruk)," kata Max Sopacua saat berbincang dengan VIVAnews, Minggu 14 Oktober 2012.

Max mengatakan, pandangan masyarakat itu sangat sulit berubah selama kasus-kasus korupsi yang menjerat sejumlah kader Demokrat belum selesai secara hukum. Saat ini Demokrat berharap agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menyelesaikan kasus korupsi yang melibatkan kadernya itu. "Yang bisa menyelamatkan adalah keputusan hukum, benar atau tidak. Kami tungggu hasil sekarang ini yang sedang disidik oleh KPK," katanya.

Masyarakat, kata Max, harusnya tahu dan bisa memilah. Bahwa yang terlibat korupsi itu hanya kader, sifatnya individu. Bukan Partai Demokrat secara utuh. Menurut dia, Demokrat hanya terimbas kasus yang membelit sejumlah kader. "Partai tidak menikmati uang itu. Kasus itu hanya melibatkan individu saja," ujar Max.

Max mencontohkan tudingan adanya aliran uang hasil korupsi dalam Kongres Demokrat di Bandung beberapa waktu yang lalu. Menurut tidak ada aliran uang hasil korupsi dalam kongres itu. Bahkan aliran dana kongres itu telah diaudit oleh sejumlah lembaga. "Ketika diaudit BPK dan auditor independen, itu clear," tutur dia.

Sebelumnya, hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga menunjukkan elektabilitas Demokrat mengalamiĀ  penurunan. Terakhir, survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan besarnya swing voter pada pemilu 2014. Survei ini dilakukan pada 5 hingga 16 September 2012 dengan responden sebanyak 1.219--merupakan warga negara Indonesia yang telah memiliki hak pilih. Margin of error survei ini sebesar Ā±3% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei spontan ini menggunakan metode wawancara langsung dengan responden.

Salah satu partai yang pemilihnya diprediksi banyak hengkang ke partai lain adalah Demokrat. SMRC menyebut sumber utama larinya suara Demokrat adalah skandal korupsi yang menimpa sejumlah elitnya. Kepindahan pemilih Demokrat itu tidak disebabkan kemarahan pemilih atas kondisi ekonomi nasional atau kinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang diusungnya. Sebab, persepsi atas kondisi ekonomi nasional dan kinerja Presiden secara umum positif.

BPS Catat Inflasi April 2024 0,25 Persen, Transportasi Jadi Pendorong Utama
Mobil polisi lalu lintas Polda Metro Jaya yang dilengkapi kamera ETLE mobile.

107 Pengendara Langgar Lalu Lintas di Jakarta Ditilang Elektronik Saat Hari Buruh

Kendaraan-kendaraan itu terekam kamera ETLE mobile yang terpasang di tiga titik.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024