PDIP Tentukan Nasib Jenderal Nanan 9 Hari Lagi

Afram Pernah Ikuti Pengajian SJ : Nanan Sukarna
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Keputusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mengusung Wakapolri Komjen Nanan Sukarna dalam pemilihan gubernur Jawa Barat belum final. Mereka masih menunggu hasil survei internal terkait elektabilitas para kandidat yang akan diusung.

"Jawa Barat tinggal menunggu survei terakhir. Sembilan hari lagi hasil surveinya, termasuk Pak Nanan," ujar Sekjen PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo di gedung DPR, Jakarta, Senin 8 Oktober 2012.

Jika hasil survei sudah diketahui, tambah Tjahjo, PDI Perjuangan mempunyai dua opsi yang akan diambil. Namun dia enggan membeberkan apa dua opsi itu. "Rahasia dong," ujar Tjahjo.

Tak hanya untuk Nanan. PDI Perjuangan juga belum memiliki keputusan terhadap dua figur yang disebut-sebut juga berpotensi maju dalam Pilkada Jabar, yaitu Rieke Diah Pitaloka dan Dede Yusuf. "Tunggu tanggal mainnya," kata dia.

Yang jelas, kata dia, untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Jabar, PDI Perjuangan tidak harus menjalin koalisi dengan partai lainnya. Hal itu juga berlaku untuk Pilkada di Jawa Tengah. "Jateng tidak harus berkoalisi dengan partai lain. Kalau memungkinkan kita punya pasangan yang kuat dua-duanya kenapa tidak. Jabar juga sama, kita punya hak untuk tidak berkoalisi," katanya.

Sebelumnya, dari jabatannya jika restu menjadi calon Gubernur Jawa Barat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sudah keluar. Dia mengaku telah menjalin komunikasi dengan partai tersebut, termasuk dengan ketua umumnya.

Nanan mengakui, PDIP sudah menawarkan paket Nanan-Rieke Diah Pitaloka untuk maju di Pilgub Jabar 2013 mendatang. Namun dirinya mengaku tidak mau gegabah dengan permintaan Ketua Umum PDIP. Jika jadi mencalonkan diri, Nanan berencana akan mengundurkan diri pada Desember mendatang.

Sementara itu, Mabes Polri meminta Nanan mundur dari jabatannya jika benar-benar mencalonkan diri dalam Pilkada Jabar. Hingga kini, pengunduran diri Nanan itu.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024