POLITIK

Prabowo Subianto Siap “Perang Bintang” di Pemilu 2014

Beberapa purnawirawan jenderal dikabarkan berpotensi menjadi capres.
Jum'at, 5 Oktober 2012
Oleh : Anggi Kusumadewi, Suryanta Bakti Susila
Prabowo Subianto (kiri) bersama Wiranto (kanan)

VIVAnews – Pemilu 2014 tinggal dua tahun lagi. Sejumlah pengamat berpendapat bakal terjadi “perang bintang” pada pemilu itu mengingat banyaknya purnawirawan jenderal TNI yang berpotensi diusung sejumlah partai untuk maju menjadi calon presiden.

Beberapa nama jenderal yang saat ini ramai diperbincangkan adalah Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, Menkopolhukam Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Wiranto yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Hanura, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, dan terakhir mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto yang kini bergabung dengan Partai NasDem.

Prabowo berpendapat, jika pun banyak purnawirawan jenderal yang terjun ke politik dan diusung sebagai calon presiden pada Pemilu 2014, itu hal yang wajar dalam sistem demokrasi. “Demokrasi kan bagus, rakyat jadi banyak pilihan,” kata Prabowo usai menghadiri upacara peringatan HUT TNI ke-67 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat 5 Oktober 2012.

Prabowo sendiri hanya tertawa lebar ketika ditanya kesiapannya menghadapi kemungkinan “perang bintang” itu. Sebelumnya, Partai Gerindra memang telah mengumumkan bakal mengusung Prabowo sebagai calon presiden 2014. Gerindra pun berniat mendeklarasikan Prabowo sebagai capres dalam waktu dekat.

Bila deklarasi ini terlaksana, maka Prabowo adalah tokoh kedua yang dideklarasikan partai politik sebagai capres, sesudah Aburizal Bakrie yang dideklarasikan Partai Golkar beberapa waktu lalu. Partai Keadilan Sejahtera juga berencana menetapkan capresnya sebelum akhir 2012. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found