POLITIK

Pembahasan Tercepat, DPR Sahkan UU Veteran

Veteran akan memperoleh perawatan kesehatan dan tempat tinggal layak.
Selasa, 2 Oktober 2012
Oleh : Anggi Kusumadewi, Suryanta Bakti Susila
Veteran RI.

VIVAnews – Pemerintah dan DPR menyatakan berupaya memperhatikan kesejahteraan para veteran dengan mengesahkan Undang-Undang Veteran pada rapat paripurna DPR, Selasa 2 Oktober 2012.

“Kami mengapresiasi eksistensi veteran yang telah memberikan sumbangsih untuk negara dengan berjuang menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata anggota Komisi I Bidang Pertahanan, Eddhie Baskoro Yudhoyono, usai pengesahan UU Veteran di Gedung DPR RI.

Oleh karena itu, ujar politisi Demokrat yang akrab disapa Ibas itu, pemerintah dan DPR mengatur soal kesejahteraan, jaminan sosial, dan jaminan menikmati kemerdekaan bagi veteran, ke dalam sebuah perundang-undangan.

Penyusunan UU Veteran, imbuhnya, bahkan merupakan pembahasan RUU tercepat yang pernah dilakukan Komisi I DPR dan pemerintah. “Ini bukti ada upaya serius dan konkrit untuk melindungi veteran kita,” ujar putra bungsu Susilo Bambang Yudhoyono itu.

UU Veteran juga menjamin para veteran RI memperoleh perawatan kesehatan dan tempat tinggal yang layak. Prinsip tunjangan veteran berdasarkan UU ini pun akan berlandaskan pada penghargaan dan penghormatan, bukan lagi sebagai bantuan karena ketidakmampuan mereka.

Tunjangan berdasarkan penghormatan itu, kata Ibas, diputuskan karena atas perjuangan para veteran itulah Indonesia bisa bebas dari penjajahan. “Jadi kita patut membalas jasa-jasa mereka,” ujarnya.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found