Ondos, Anggota DPR yang Tak Mampu Renovasi Rumah

Politisi PDIP Theodorus Jakob Koekerits
Sumber :

VIVAnews – Anggota DPR kerap hidup bergelimang kemewahan? Tidak demikian dengan Theodorus Jakob Koekerits, anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP yang wafat dalam kecelakaan di Tol Porong, Sidoarjo, Senin 24 September 2012.

Almarhum Jakob yang akrab disapa Ondos itu bahkan dinilai rekan-rekannya di DPR sebagai sosok yang terlalu sederhana. “Sudah dua periode jadi anggota Badan Anggaran DPR, untuk merenovasi rumahnya dia tidak bisa. Dia bahkan tidak punya garasi mobil di rumahnya,” kata Wakil Ketua DPR dan mantan sekjen PDIP Pramono Anung sambil meneteskan air mata usai upacara penghormatan terakhir bagi Ondos di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 25 September 2012.

Pram mengenang Ondos sebagai orang yang rendah hati, jujur, dan apa adanya. Oleh karena itu kepergiannya menyisakan kesedihan bagi keluarga dan teman seperjuangannya di PDIP. Beberapa politisi PDIP bahkan tak kuasa menahan tangis ketika mengenang hari-hari mereka bersama Ondos.

Pram bercerita, ia mengenal Ondos sejak tahun 1982 ketika mereka sama-sama menjadi aktivis kampus di Institut Teknologi Bandung. Saat itu Pram menjabat sebagai Ketua Senat Pertambangan dan Ondos menjabat sebagai Ketua Tim Geologi di ITB. Pesahabatan keduanya terjalin hingga kini.

Ondos selalu mengunjungi daerah pemilihannya di Sidoarjo, Jawa Timur, setiap dua pekan. “Itu dilakukannya dengan senang hati,” kata dia. Namun permintaan izin Ondos untuk mengunjungi dapilnya pekan lalu ternyata merupakan yang terakhir. Saat hendak mengejar penerbangan pertama ke Bandara Juanda, Surabaya, untuk kembali ke Jakarta itulah mobil yang dikemudikan sopir Ondos menabrak truk tronton.

Pertemuan Pram dengan Ondos yang terakhir terjadi ketika semua petinggi PDIP tengah bersiap menanti kemenangan Joko Widodo dalam Pilkada DKI Jakarta, 20 September 2012. “Ondos datang ke ruangan saya. Dia bilang, 'Pram gue mau pamit ke dapil'. Lalu saya jawab dengan bercanda, 'memangnya gue emak elo',” ujar Pram. Ternyata itu salam perpisahan Ondos kepada Pram.

Hari ini jenazah Ondos disemayamkan di Gedung DPR. Upacara dimulai dengan serah terima dari keluarga Ondos kepada pimpinan DPR yang diwakili oleh Pramono Anung.  Usai serah terima, pihak keluarga yang diwakili Tjahjo Kumolo menyampaikan pidato singkat.

“Saya mewakili pimpinan fraksi, partai, dan keluarga berterima kasih atas penerimaan jenazah almarhum untuk disemayamkan di DPR. Almarhum sebagai anggota DPR yang pernah di Komisi VIII, Komisi I, dan Banggar, saya memintakan maaf untuk almarhum. Apabila ada janji atau utang-piutang, silakan menghubungi kami, fraksi, atau keluarga,” kata Tjahjo.

Tjahjo juga menyampaikan permintaan maafnya karena Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani tak dapat hadir dalam upacara penghormatan terakhir itu karena keduanya sedang ke luar negeri.

Upacara penghormatan terakhir itu dihadiri oleh sejumlah petinggi PDI Perjuangan, termasuk Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufiq Kiemas. Hadir pula Panglima TNI Agus Suhartono dan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng. (umi)

Sandra Dewi Ngaku Takut Tuhan, Suami Malah Korupsi Rp271 Triliun
Tol Tangerang-Merak (Foto Ilustrasi).

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini

Untuk kendaraan berat sendiri sudah terjadi peningkatan arus lalu lintas sampai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024