Tabrak Truk Tronton, Anggota Komisi I DPR Wafat

Politisi PDIP Theodorus Jakob Koekerits
Sumber :

VIVAnews – Politisi PDIP Theodorus Jakob Koekerits meninggal dunia di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin 24 September 2012. Pria yang akrab disapa Ondos itu menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Delta Surya, Sidoarjo, setelah sebelumnya mengalami kecelakaan.

“Informasi 15 menit lalu dari Sidoarjo, Mas Ondos meninggal pagi ini karena kecelakaan di Surabaya. Info ini sedang kami cek lebih detail,” kata rekan separtai Ondos yang juga Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tubagus Hasanuddin.

Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo pun langsung mengonfirmasi kabar tersebut. “Itu benar. Menurut petugas, kecelakaan terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Mas Ondos dalam perjalanan dari Blitar ke Surabaya karena akan mengambil pesawat pertama ke Jakarta. Tapi di jalan tol Surabaya, mobilnya menyalip dan menabrak truk tronton,” ujar Tjahjo.

PDIP pun telah meminta Wakil Walikota Surabaya, Bambang Dwi Hartono, dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Timur, Sirmadji Tjandropragolo, untuk mengecek langsung kondisi jenazah ke Rumah Sakit Delta Surya, Sidoarjo.

Ondos, di mana Tjahjo, merupakan sosok yang suka menolong. “Kamis 20 September 2012, Mas Ondos masih ketemu dan ngobrol sama saya di kantor Dewan Pimpinan Pusat PDIP Lenteng Agung. Dia juga bersalaman dengan Ibu Megawati mengucapkan selamat atas Pilkada DKI,” ucap Tjahjo.

Menurutnya, tak tersirat pesan apapun dari obrolan bersama Ondos itu. “Biasa-biasa saja. Mas Ondos itu kalau diminta tolong terkait partai atau fraksi, selalu siap mengerjakan secepatnya. Kebetulan juga dia sekomisi sama saya dan kami sering duduk bersebelahan,” kata Tjahjo.

Ondos di mata Tjahjo adalah seorang pekerja yang pendiam, serius, dan pemikir. Ia kader partai yang selalu peduli dan kerap turun ke bawah, khususnya di daerah pemilihan asalnya di Jawa Timur. Oleh karena itu PDIP merasa kehilangan kader yang bersahaja.

Selain duduk sebagai anggota Komisi I DPR, Ondos saat ini pun menjabat sebagai anggota Badan Anggaran DPR dan Wakil Sekretaris Fraksi PDIP di DPR. Belakangan, menurut Tjahjo, Ondos sebetulnya ingin dirotasi ke Komisi VII Bidang Energi DPR sesuai keahlian alumni ITB itu di bidang geologi.

“Selamat jalan Mas Ondos,” kata Tjahjo. Para politisi PDIP pun kini berencana untuk menyambangi rumah duka di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang. (umi)

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia
Hotman Pandapotan Siahaan (kanan)

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

PDIP Sumbar menang gugatan atas kadernya yang menggugat pencopotan sebagai anggota DPRD dan digantikan PAW

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024