JK: Ada "Operasi Senyap" di Bank Century

Jusuf Kalla merapikan buku jelang berakhirnya masa jadi Wakil Presiden
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut ada "Operasi Senyap" di balik penggelontoran dana talangan atau bail out Bank Century sebesar Rp6,7 triliun.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Jusuf Kalla menyebut ada hal misterius pada saat itu. Padahal, posisi Jusuf Kalla sebagai orang nomor dua di pemerintahan negeri ini.

"Ini memang misterius. Kenapa ada Operasi Senyap? Kalau Wakil Presiden saja tidak tahu, apalagi lagi yang lain, apalagi Anda," kata Jusuf Kalla dalam rapat bersama tim pengawas Bank Century di gedung DPR, Jakarta, Rabu 19 September 2012.

Di bagian mana sisi misterius itu menurut Kalla? Pertama, dalam rapat yang dihadiri Kalla pada tanggal 20 November 2008 juga dihadiri petinggi ekonomi.

"Itu rapat di kantor saya, di situ dilaporkan semua keadaan ekonomi terkendali. Menko Perekonomian dan BI melaporkan itu," kata Kalla.

Lalu, yang membuat Kalla terhentak adalah saat rapat malam harinya. "Malamnya dikatakan, negeri ini krisis besar. Negeri ini mau kiamat. Gila ini memang. Apa yang dibuat? Saya marah kepada mereka, mengapa pada rapat sebelumnya dikatakan ekonomi terkendali," kata Kalla.

Padahal, selang rapat pertama dan kedua itu hanya sekitar dua jam saja. Di situlah Kalla juga mendapat laporan bahwa negara "dirampok" oleh pemilik Bank Century sekitar Rp2,5 triliun.

"Itu muncul percakapan saya dengan Pak Boediono (saat itu Gubernur BI). Ini siapa yang merampok duit ini? Pemiliknya. Ya sudah, saya perintahkan tangkap perampoknya," kata Kalla. (adi)

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Ilustrasi emas batangan

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Harga emas keluaran logam mulia Antam 24 karat mengalami kenaikan Rp 27 ribu per gram pada hari ini yang artinya harganya sekarang Rp 1.249.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024