Wisata Sungai Copenhagen, DPR Berkilah Tugas Dewan

Kota Nyhavn di Denmark
Sumber :
  • http://sobatsepeda.wordpress.com

VIVAnews – Sejumlah anggota Badan Legislasi DPR terlihat sedang bersantai menyusuri sungai di Copenhagen, Denmark, di sela-sela lawatan mereka ke Denmark dalam rangka penyusunan Rancangan Undang Undang Palang Merah Indonesia.

Salah satu anggota Baleg DPR yang ada dalam rombongan itu, Buchori Yusuf, menyatakan saat itu mereka bukannya sedang bersantai di sungai Copenhagen itu. Ia menjelaskan, ketika itu jam pulang kantor dan rombongan baru saja pulang dari kunjungan ke Kementerian Luar Negeri RI di Denmark.

Mereka pun berinisiatif melihat sungai yang melintasi Copenhagen. Inistiaf itu, kata Buchori, masih dalam rangka fungsi kedewanan meski tidak terkait RUU PMI. Para anggota Baleg DPR itu rupanya tergugah untuk mengetahui dan mendalami seluk-beluk kanal yang ada di sungai Copenhagen itu.

“Indonesia kan negara maritim. Seperti apa mengelola negara maritim? Kita mau buat negara seperti apa? Kalau mau buat kanal seperti apa? Ini penting, jadi kami tidak semata-mata menghibur diri di sungai itu. Apalagi saat itu kami semua masih mengenakan batik sebagai pakaian dinas,” terang Buchori.

Apabila rombongan sengaja ingin bersenang-senang, maka tentu mereka tidak hanya akan mengenakan batik, tapi juga membawa jaket. “Di sana kan musim dingin dan kami di perahu terbuka terbuka,” kata Buchori. Tarif untuk naik di perahu itu pun tak mahal, hanya 40 krone atau sekitar Rp60 ribu.

Hasil penyusuran dan pengamatan rombongan Baleg DPR di sungai Copenhagen itu nantinya akan disampaikan ke pimpinan dan seluruh anggota DPR. “Kesimpulan kunjungan kerja kami akan disampaikan, bahwa negara kecil seperti Denmark mampu mengelola kanalnya secara luar biasa menjadi sumber devisa negara,” ujar Buchori.

“Indonesia punya Sungai Ciliwung, Sungai Musi, Sungai Brantas, lalu kenapa hal serupa tidak didorong di sini?” imbuh Buchori. (umi)

BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional Lewat Pameran IEMS 2024, Catat Tanggalnya
Dok. Istimewa

Polisi Bongkar Home Industri Narkoba Sintetis di Perumahan Mewah Sentul

Polisi membongkar home industri narkoba berjenis sintetis di kawasan perumahan mewah Mountain View Sentul City, Bogor Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024