Berantas Hama, Dahlan Iskan Bentuk Brigade Hama

Hama keong emas menyerang padi
Sumber :
  • Antara/ Yusran Uccang

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, akan membentuk brigade hama di seluruh kabupaten Indonesia untuk memberantas hama seperti tikus di lahan-lahan milik petani.

Saat ini, brigade hama telah ada dan dijalankan oleh salah satu anak perusahaan PT Pupuk Indonesia. Dahlan Iskan akan memperluas peran dan fungsi brigade hama ini.

Mengejutkan Isi Garasi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor yang Resmi Jadi Tersangka KPK

"Tadinya hanya di beberapa daerah, nanti akan diperluas di seluruh kabupaten di seluruh Indonesia, akan ada kantor brigade hama," kata Dahlan Iskan di Jakarta, Rabu 5 September 2012.

Kementerian BUMN akan menyediakan tenaga-tenaga ahli yang spesifik untuk memberantas hama tertentu di setiap kabupaten Indonesia. Pembentukan brigade hama ini, dia menambahkan, untuk mengatasi masalah hama yang setiap tahunnya menyerang dan merugikan petani.

"Nanti akan dilakukan pelatihan oleh petugas dan ada paket-paketnya. Paket hama tikus nanti obatnya apa, paket hama sundep obatnya apa," katanya.

Selain itu, Dahlan meminta tiga BUMN yaitu PT Pertani, PT Sang Hyang Sri, dan Perum Bulog untuk membuat satu kios yang terintegrasi. Kios ini diharapkan dapat membantu petani untuk memenuhi kebutuhannya dalam satu tempat.

"Misal petani butuh benih, pupuk dan obat hama, nggak usah ke berbagai macam kios, cukup satu kios," katanya. (art)

Pendeta Gilbert Lumoindong

Sederet Kontroversi Pendeta Gilbert, Olok-olok Salat hingga Pakai Jam Harga Fortuner

Sosok Pendeta Gilbert Lumoindong tengah menjadi sorotan usai video ceramahnya membuat gaduh media sosial. Kegaduhan ini mencuat lantaran Gilbert diduga menyinggung Islam.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024