POLITIK

Pramono: Alutsista Buatan RI Diakui Dunia

Senjata Indonesia diminati sejumlah negara.
Kamis, 30 Agustus 2012
Oleh : Ita Lismawati F. Malau, Nur Eka Sukmawati
Presiden Yudhoyono mencoba senjata buatan PT Pindad

VIVAnews - Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengapresiasi industri pertahanan Indonesia yang mulai dilirik oleh beberapa negara. Pembelian senjata dan pesawat oleh luar negeri menandakan produk Indonesia sudah diakui oleh dunia Internasional.

"Saya termasuk yang memberi support kalau ada pembelian persenjataan kepada kita. Darimana pun negara itu selama ada hubungan diplomatik dengan kita. Artinya ada pengakuan terhadap produk kita," kata Pramono kepada VIVAnews, Rabu 29 Agustus 2012. Senjata Indonesia diminati sejumlah negara,  di antaranya Irak dan Uganda.

Mengandalkan produk dalam negeri, imbuh dia, juga sudah seyogianya dilakukan pemerintah Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia harus mempersenjatai diri. Banyak perlengkapan dan pertahanan TNI yang bisa dikembangkan, tidak harus bergantung pada produk luar negeri. "Sebab kita bukan sebagai sebuah negara daratan."

Politisi PDI Perjuangan ini juga menagih janji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk merealisasikan pemanfaatan persenjataan dalam negeri. "Sehingga pidato presiden yang mendorong pemanfaatan persenjataan dalam negeri tidak hanya sekedar sambutan, tetapi direalisasikan."

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPR, Ramadhan Pohan, berharap pemerintah bisa memproduksi senjata secara masif. "Itu yang kita masih kerepotan." (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found