Sidak Pasar, Foke Terima Keluhan Pedagang

Sidak Pasar Beras Cipinang
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga bahan pokok jelang hari Lebaran di Pasar Slipi, Jakarta Barat, Rabu, 15 Agustus 2012.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Saat melakukan sidak, sejumlah pedagang di pasar itu mengakui terjadi kenaikan harga bahan pokok. Namun, kenaikannya relatif kecil dan tidak terlalu mengkhawatirkan dan tidak membuat omset penjualan menurun.

"Secara umum saya lihat harga barang pokok tetap stabil, paling yang naik harganya cukup tinggi adalah daging sapi mencapai angka Rp90 ribu per kilogram. Harga cabai konstan dan pedagang juga memperkirakan tidak ada kenaikan yang cukup berarti," kata Fauzi Bowo.

Dalam sidak tersebut, Foke menerima keluhan dari para pedagang terkait kenaikan harga pada H-4 hari Lebaran ini. Salah satunya adalah Engkus, 26 tahun, pedagang bakso dan sosis di Pasar Slipi. Ia mengeluhkan naiknya harga daging sapi yang membuat harga bakso dan sosis ikut naik.

"Harga bakso dan sosis naik, Pak Foke, karena daging sapi harganya naik. Tapi pasokan bakso dan sosis cukup sampai Lebaran," katanya.

Engkus pun mengatakan, harga bakso naik sebesar Rp3.000 hingga Rp5.000 per bungkus. Sehingga harganya menjadi Rp41 ribu dari awalnya Rp36 ribu per bungkus. Begitu juga dengan sosis, harga 1 dus berisi 15 pak, yang satu pak berisi 15 potong sosis, naik Rp10 ribu per dus. Harganya menjadi Rp145 ribu dari awalnya Rp135 ribu per dus.

"Harga naik sudah sejak puasa. Kenaikan harga barang menurut pabrik pengolahan bakso dan sosis karena harga daging sapi naik. Bukan karena kelangkaan daging sapi. Sosis sekarang satu pak berisi 15 potong sosis saya jual jadi Rp10 ribu dari awalnya Rp9 ribu per pak," kata Engkus.

Kenaikan harga daging sapi ini pun diakui oleh pedagang bernama Muslih, 35 tahun. Sebelum bulan Ramadan, harga daging sapi mencapai Rp80 ribu per kilogram, sekarang sudah mencapai Rp90 ribu per kilogram. Ia memperkirakan pada H-2 hari Lebaran, harga daging sapi akan menembus angka Rp100 ribu per kilogram.

"Ini lebih tinggi dari Lebaran tahun lalu yang harganya mentok Rp80 ribu per kilogram. Harga ini akan normal lagi usai Lebaran. Biasalah seperti itu," kata Muslih.

Diakuinya kenaikan harga daging sapi yang melonjak tinggi dikarenakan sempat terjadinya kelangkaan daging sapi akibat pembatasan kuota daging sapi impor oleh pemerintah pusat. Namun, sekarang stok daging sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta hingga Lebaran usai.

"Stok daging sapi sudah ada dan aman sekarang. Cukuplah untuk warga selama Lebaran sampai Lebaran selesai," tuturnya.

Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta, Adi Ariantara menjelaskan posisi harga barang-barang pokok mengalami kenaikan rata-rata 1 persen atau sebesar Rp1.000.

"Dalam seminggu ini, berdasarkan pantauan kami di lapangan, posisi kenaikan harga barang bahan pokok naik hanya 1 persen saja," kata Adi. (adi)

Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024