Survei: Suara Demokrat Lari ke Nasdem

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Survei terbaru dari Lembaga Survei Trust Indonesia mengungkap, banyak suara Partai Demokrat yang hilang. Hal ini terlihat dari adanya penurunan suara yang sangat drastis. Lalu ke mana suara Partai Demokrat pergi?

Menurut Direktur Trust Indonesia, Zudan Rosyidi, suara partai Demokrat yang hilang itu berpindah ke Nasdem. Nyatanya, partai baru yang tak memiliki suara pada 2009 kini menempati posisi ke tujuh dengan total suara 97 dengan jumlah responden yang sama.

"Pemilih yang memilih Demokrat, saat survei ternyata mengalihkan dukungan, saya pikir ini adalah suatu bentuk protes terjadap elit Demokrat. Jadi suara Demokrat lari ke Nasdem," kata Zudan di Resto Pulau Dua, Senayan.

Dari hasil survei, beberapa penyebab pemilih berpindah partai adalah karena kasus korupsi, integritas moral anggota partai, ideologi, program kerja, tokoh dalam partai dan peduli pada rakyat.

Selain itu, seringnya Nasdem beriklan di media mainstream juga mempengaruhi popularitas partai ini. "Maka semakin publik mengenal partai ini. Bisa jadi sebagai pertimbangan pilpres 2014," kata dia.

Menurut hasil survei ini, perolehan suara Demokrat pada tahun 2009 mencapai 375 suara. Sementara survei saat ini hanya memperoleh 232 suara. Sehingga jumlah suara yang hilang sebesar 143 suara.

"Masyarakat cenderung tidak kapok menerima barang baru. Meski begitu, tidak semua percaya. Pemilih Demokrat akan geser ke Nasdem karena adanya persamaan ideologi dan basis pemilih," kata peneliti Trust Indonesia, Afthonul Afif, Selasa 7 Agustus 2012.

Survei ini dilakukan terhadap 1996 responden di 33 provinsi seluruh Indonesia pada 8-22 Juli 2012. Survei ini dilakukan di 200 sample desa dengan metode multistage random sampling.

No Indonesian Victims in the Baltimore Bridge Collapse Incident

Dengan perbandingan sample rural-urban sebesar 65 persen-35 persen dan gender 50-50 persen. Penelitian ini menggunakan margin of sampling error sebesar 2,5 persen dengan kepercayaan 95 persen.

Gelandang Mancester United, Donny van de Beek

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Manchester United memiliko rencana untuk menjual Donny van de Beek. Gelandang asal Belanda itu tidak kunjung mendapat tempat di skuad utama tim berjuluk Setan Merah.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024