Yusril: Misbakhun Timbang Kembali ke DPR

Politisi PKS Mukhamad Misbakhun
Sumber :
  • VIVAnews/Anggi Kusumadewi

VIVAnews – Pengacara Misbakhun, Prof Dr Yusril Ihza Mahendra, mengatakan ia dan kliennya akan bertemu dalam waktu dekat untuk membahas langkah-langkah lanjutan pasca putusan Mahkamah Agung yang membebaskan Misbakhun dari semua dakwaan.

“Dia menuntut harkat, martabat, dan segala hak-haknya dikembalikan seperti perintah MA. Termasuk kemungkinan membahas dengan DPR tentang pengaktifan kembali dirinya sebagai anggota DPR,” kata Yusril ketika dihubungi VIVAnews, Kamis 2 Agustus 2012.

Seperti diketahui, Misbakhun duduk sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera sebelum tersandung perkara hukum. Ia terpaksa melepas jabatannya di DPR ketika didakwa dan dipidana. PKS kemudian melakukan Pergantian Antar-Waktu (PAW) dan melantik pengganti dirinya di DPR.

Namun kini setelah Misbakhun dinyatakan bebas, PKS mengaku sudah membuka perbincangan dengan kadernya itu meski Misbakhun belum secara formal meminta dirinya dikembalikan ke DPR. “Secara resmi belum ada pengajuan. Kalau ngobrol sudah ada,” ujar Wasekjen PKS Mahfudz Siddiq.

Mahfudz menyatakan, Dewan Pimpinan Pusat PKS pun kini mengkaji amar putusan MA yang membebaskan Misbakhun. “Dalam putusan MA ada perintah untuk merehabilitasi Misbakhun ke kedudukan semula. Nah yang dimaksud kedudukan semula ini apa?” kata dia.

“Kalau yang dimaksud itu termasuk pengembalian posisi ke DPR, ini adalah preseden baru. Tentu saja DPP dan fraksi akan menindaklanjuti itu kalau ada pengajuan dari yang bersangkutan,” kata Mahfudz.

Jika nantinya Misbakhun benar-benar mengajukan permohonan ke PKS untuk kembali menjadi anggota DPR, tegas Mahfudz, maka PKS akan meneruskan permintaan Misbakhun itu ke DPR, Komisi Pemilihan Umum, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (umi)

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024