Pilpres 2014, PPP Lirik Jusuf Kalla

Duta Untuk Komodo Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dikabarkan berencana mengusung Jusuf Kalla sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden 2014. Ketua DPP PPP Arwani Tomafi menjelaskan, nama Jusuf Kalla muncul karena  Kalla merupakan tokoh eksternal partai yang paling banyak mendapat dukungan.

Selain itu, Arwani menambahkan, Kalla juga memiliki elektabilitas tertinggi ketiga setelah Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto di berbagai lembaga survei. Misalnya, survei yang dilakukan pada akhir Juni lalu oleh Saiful Mujani and Research Consulting (SMRC).

Gelar Fan Sign Perdana di Jakarta, Member Day6 Kagum dengan Penggemar Gegara Hal Ini

Dalam Survei itu, mantan Ketua Umum Partai Golkar itu mendapat elektabilitas sebesar 9,6 persen, sementara Megawati Soekarnoputri mendapat 17,6 persen, dan Prabowo Subianto mendapat 16,7 persen.

"Elektabilitas JK yang cenderung baik ini tentu akan menjadi dinamika yang menarik pada Mukernas II tahun depan. Bagaimanapun, PPP menginginkan capres yang diusung kelak akan memenangi Pilpres. Faktor elektabilitas menjadi salah satu syarat penting untuk berkompetisi dalam Pemilu Presiden," kata Arwani, Senin 23 Juli 2012.

Selain memiliki elektabilitas yang tinggi, Arwani menambahkan, posisi Kalla yang terpilih menjadi Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada awal Juni lalu, semakin mendekatkan psikologi politik PPP dengan Kalla yang memiliki jejak rekam kedekatan yang cukup baik dengan umat Islam.

"Tentunya kami akan terus memonitor kinerja serta sepak terjang JK," kata Arwani.

Selain Jusuf Kalla, PPP juga mempertimbangkan kandidat lain yang muncul saat Mukernas I PPP pada Februari lalu. Misalnya, Mahfud MD, Khofifah Indar Parawansa, dan Anies Baswedan.

Meski demikian, Arwani melanjutkan, nama Ketum DPP PPP Suryadharma Ali masih leading sebagai satu-satunya yang diusulkan oleh internal PPP. "Tentunya, semua aspirasi yang muncul dari internal PPP baik mengajukan nama internal PPP maupun eksternal PPP juga akan terus diformulasikan untuk dikerucutkan dalam Mukernas II 2013 mendatang," kata dia.

Untuk mempersiapkan itu, lanjut Arwani, saat ini DPP PPP telah membentuk Lembaga Pemenangan Pemilu Presiden yang dikomandani oleh Lukman Hakim Saefudin. (adi)

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan) Letjen TNI Richard Tampubolon.

Korban Penembakan OPM Dievakuasi dari Homeyo ke Timika

Panglima Kogabwilhan III mengatakan tim gabungan TNI/Polri telah mengevakuasi jenazah korban penembakan OPM di Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, ke Timika, Kabupaten Mimika.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024