Anis Matta: Pilkada DKI "Peringatan Dini" PKS

Anis Matta Datangi KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pasangan calon gubernur DKI dari PKS, Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini resmi kandas di putaran pertama. Bagi PKS, kekalahan Hidayat Nur Wahid tidak akan mempengaruhi suara PKS pada pemilihan umum 2014 mendatang.

"Malah saya percaya sebaliknya. Ini akan memicu kader untuk bekerja lebih keras, karena ini semacam early warning," kata Sekretaris Jenderal PKS Anis Matta saat ditemui VIVAnews di ruang kerjanya, Jakarta.

Anis sangat meyakini adanya tren terpisah antara perolehan suara di pemilu legislatif, pilkada, dan pemilihan presiden. Perolehan suara di tiga pemilihan itu tidak melulu berbanding lurus. Bahkan sangat besar kemungkinan trennya berbanding terbalik.

Jadi, kata Anis, bila menang pemilihan kepala daerah di satu tempat maka partai akan menang pemilu legislatif di daerah itu. Tetapi bila kalah di pemilihan kepala daerah, perolehan suara partai akan anjlok di daerah itu.

"Itu yang saya maksud dengan split. Jadi, masyarakat bisa membedakan kapan saatnya memilih orang dan kapan saatnya memilih partai," jelas Anis yang juga Wakil Ketua DPR ini.

Dalam pilkada DKI putaran pertama lalu, Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini menduduki posisi ketiga dengan jumlah suara 508.113.

Jumlah total pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada DKI Jakarta, sebanyak 6.962.348. Jumlah pemilih yang gunakan hak pilih sebanyak 4.407.141. Jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilih sebanyak 2.555.207. Total jumlah suara sah seluruh pasangan calon, 4.336.486.

Luhut Binsar Pandjaitan Bocorkan BBM Pengganti Pertalite
Penangkapan Mahasiswa pro Palestina

Kelompok Muslim AS Kecam Universitas di New York atas Penangkapan Mahasiswa Pro Palestina

Kelompok Muslim AS pada hari Jumat 3 Mei 2024 mengecam berbagai universitas di New York atas penangkapan mahasiswa pengunjuk rasa pro Palestina.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024