PDIP Masih Punya "Jokowi" untuk Cagub Jabar

Jokowi Silaturahmi dengan Wartawan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kemenangan Joko Widodo atau Jokowi di putaran pertama Pilkada DKI menjadikan pelajaran penting bagi PDI Perjuangan Jawa Barat. PDI Perjuangan Jawa Barat mencari karakter Jokowi untuk calon gubernur Jawa Barat yang akan dihelat pada 23 Februari 2013 mendatang.

"Saya tidak menyangka Jokowi menang. Asalnya saya tidak yakin. Namun inilah bukti kekuatan rakyat yang ingin pemimpinnya searah, sejalan dan satu misi," kata Ketua PDI Perjuangan Jawa Barat Rudi Harsa, Kamis 12 Juli 2012.

Hasil sementara hitung cepat yang dilakukan lembaga-lembaga konsultan politik menyebut pasangan nomor urut 3, Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) unggul. Pasangan PDIP-Gerindra ini mengalahkan kandidat incumbent nomor urut 1, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

PDI Perjuangan Jawa Barat akan menggunakan momentum ini untuk mencari karakter Jokowi untuk calon gubernur Jawa Barat. Menurut Rudi, dari enam bakal calon gubernur yang terdaftar di PDI Perjuangan Jawa Barat, ada satu sosok yang berkarakter mirip Jokowi.

"Ini harus terus dipupuk agar di Jawa Barat kami juga bisa menang," papar Rudi. Tapi sayang, Rudi enggan membeber siapa tokoh yang dimaksud.

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Bagi Rudi, jika Jawa Barat dan DKI dipimpin orang berkarakter Jokowi, maka permasalahan tentang kemasyarakatan akan bisa diselesaikan.

"Jokowi punya kharisma. Permasalahan masyarakat harus diselesaikan dengan cara-cara kerakyatan. Tidak birokratis serta tidak ribet. Itu bukti jika Jokowi bisa mimpin DKI, karena rakyat sudah bosan dengan pemimpin yang birokratis," ungkap Rudi. (umi)

Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar buka puasa bersama dengan para Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Diketahui, buka

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024