Anggaran Pengadaan Al Quran Rp110 Miliar

Ilustrasi Al Quran
Sumber :
  • wallz.eu

VIVAnews - Proyek pengadaan Al Quran menjadi sorotan karena Komisi Pemberantasan Korupsi sudah menetapkan dua tersangka dalam kasus itu. Berapa sebenarnya anggaran yang sudah diketokpalu untuk proyek pengadaan Al Quran? Jumlahnya tidak sedikit, Rp110 miliar.

Menurut anggota Komisi VIII DPR, Mohammad Baghowi, nilai anggaran Al Quran di Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama tahun 2012 itu terdiri dari APBN murni sebesar Rp55 miliar dan APBN Perubahan sebesar Rp55 miliar.

"Proses pengajuan anggaran ada di DPR bersama Kementerian Agama. Draf yang sudah diajukan pemerintah kami bahas di komisi. Besarannya sudah kami setujui," Baghowi, Rabu 4 Juli 2012.

Menurut dia, DPR khususnya Komisi VIII, yang merupakan mitra kerja Kementerian Agama, berwenang sampai pada persetujuan nilai anggaran pengadaan Al Quran. DPR tidak berhak melakukan pengadaan Al Quran.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

"Itu kan ada di eksekutif. Kami tidak paham," kata anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini.

Lalu, berapa eksemplar Al Quran yang dicetak dari nilai Rp110 miliar itu? Sebagai perbandingan, kata Baghowi, di tahun 2011, dengan APBN sebesar Rp4,5 miliar bisa dihasilkan sebanyak 250.000 Al Quran. Dan dengan APBN Perubahan sebesar Rp21 miliar dihasilkan sebanyak 650.000 Al Quran.

"Menurut saya itu harganya tidak akan sampai Rp1 juta (per buah). Ini memang ada perbedaan harga Al Quran. Tapi apakah ada spesifikasi soal Al Quran? Yang tahu Kemenag, saya kurang tahu," kata dia.

Pernyataan Baghowi ini sekaligus membantah bahwa harga satu buah Al Quran mencapai Rp1 juta.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024