PKS: Survei, Peringatan Bagi Partai Islam

Luthfi Hasan Ishaq
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Nasional (LSN) menyebutkan tingkat elektabilitas partai politik yang berbasiskan massa Islam seperti Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Kebangkitan Bangsa cenderung menurun.

Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq justru berpendapat bahwa fenomena ini dapat digunakan sebagai cambuk bagi partai Islam untuk membenahi diri. "Itu bagus, karena itu early warning buat semua partai Islam agar mereka kerja keras," kata Luthfi Hasan di Gedung DPR, Kamis 28 Juni 2012.

Luthfi menyadari bahwa partai Islam tidak sesuai dengan kebutuhan publik saat ini. "Mungkin karena selama ini partai Islam tidak menyentuh persoalan aktual yang dirasakan masyarakat," kata Luthfi. Persoalan masyarakat, kata Lutfi lebih kepada persoalan ekonomi, sementara partai Islam tidak menyentuh hal-hal tersebut.

Mengatasi hal ini, kata Luthfi pendekatan dan dialog diperlukan agar lebih menyentuh persoalan yang lebih aktual. "Umpamanya masalah pendidikan dan lapangan kerja," kata dia. Misalnya, bagaimana sekolah Islam langsung berhubungan dengan lapangan pekerjaan. "Kita masih ada dua tahun untuk membenahi," kata dia.

Hal yang paling penting, Luthfi melanjutkan, PKS mengambil poin-poin penting dari hasil lembaga survei untuk pembenahan partai. Pasalnya, PKS sendiri tak pernah melakukan survei secara internal. "PKS masih yang tertinggi dibanding partai Islam lainnya," kata dia.

Survei yang digelar Lembaga Survei Nasional juga mencatat Partai Golkar di posisi nomor satu. Dalam survei elektabilitas, Golkar meraih suara terbanyak dengan meraup 20,1 persen, disusul Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 14 persen dan Demokrat 10,5 persen.

Survei dilaksanakan 10-20 Juni 2012 di 33 provinsi Indonesia, menggunakan multistage random sampling. Total sampel 1.230 responden dengan margin of error plus minus 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (eh)

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024